KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) UNTUK MENGURANGI TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA

Setiyo, Pujiono (2023) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) UNTUK MENGURANGI TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB) | Request a copy

Abstract

Pada proses pendidikan, siswa harus menghadapi dan menjalani tuntutan yang ada dalam kehidupan akademik. Siswa cenderung terlambat mengumpulkan tugas dan hanya mau belajar ketika akan menghadapi ujian. Kecenderungan untuk menunda mengerjakan tugas-tugas akademik disebut dengan prokrastinasi akademik.. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan Bimbingan kelompok dengan pendekatan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) efektif untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa di SMK Pemuda Taruna Bojonegoro. Berdasarkan hasil penelitian pada data-data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan hasil analisis data terdapat 6% siswa dengan kontrol perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi, terdapat 82% siwa dengan kontrol perilaku prokrastinasi akademik yang sedang, dan terakhir terdapat 12% siswa dengan kontrol perilaku prokrastinasi akademik yang rendah. Hal ini tampak dengan adanya keaktifan siswa dalam proses belajar Hal ini sesusai dengan keaktifan siswa setelah melakukan bimbingan kelompok. Tingkat kreativitas siswa meningkat cukup baik, perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi peneliti yang menunjukkan perubahan siswa terhadap ciri-cirinya, yaitu dari kenyaman dikelas serta kualtias tugas yang dikumpulkan. Setelah melakukan penelitian, penulis melakukan perhitungan uji normalitas menggunakan SPSS 2.6 hasil uji Paired sample T test pada Sig adalah 0,001 yang dimana dari hasil tersebut kurang dari 0,05. Maka dapat dinyatakan dari hasil tersebut terdapat perbedaan yang signifikan setelah dilakukannya bimbingan kelompok dengan SFBT.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Solution Focused Brief Therapy (SFBT), Prokrastinasi Akademik,Bimbingan Kelompok
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: setiyo pujiono 175
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:01
Last Modified: 25 Sep 2023 03:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ayu Distira, Riski Putra
NIDN0702019301
Thesis advisor
Efendi, Moh. Yusuf
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4543

Actions (login required)

View Item
View Item