MA'ARIF, ISTIANA (2023) PENERAPAN MODEL KONSELING BEHAVIOR DENGAN TEKNIK CONDITIONING UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 11 STUDI KASUS DI MA MIFTAKHUL HUDA PURWOREJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (265kB)
AWALAN.pdf
Download (694kB)
BAB I.pdf
Download (355kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (274kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (431kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (349kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (339kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model konseling behavior dengan menggunakan teknik operating conditioning untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas 11 MA Miftakhul Huda Purworejo. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 83 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu obervasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil dari penelitian ini Jenis – jenis masalah kesulitan belajar pada siswa di MA Miftakhul Huda Purworejo Bojonegoro yaitu : Factor dari keluarga, factor lingkungan social, factor lingkungan sekolah, factor kekurangan motivasi belajar siswa, minimnya pengetahuan tentang agama dari dalam diri siswa. Pelaksanaan pendekatan behavioristik dalam bimbingan dan konseling Islam untuk menangani masalah belajar di MA Miftakhul Huda Purworejo terdapat hasil dari pelaksanaan tersebut. Hasil pelaksanaan tersebut, terdapat lima siswa diantara delapan siswa yang menghadapi masalah belajar yang berhasil mengubah tingkah lakunya dari yang tidak baik menjadi baik serta dapat mengilangkan tingkah laku yang tidak baik. guru bimbingan dan konseling di MA Miftakhul Huda Purworejo memberikan pendekatan behavioristik dalam bimbingan dan konseling untuk menangani masalah belajar siswa yang lebih ditekankan pada pemberian teknik berupa munculnya stimulus dan respos dengan pemberian reinforcement berupa reward.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling behavior, teknik operating conditioning, kesulitan belajar |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | MA'ARIF ISTIANA |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 09:01 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 09:01 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NOVITASARI, ZETI NIDN0711118702 Thesis advisor TAWAKKAL, M. IQBAL NIDN0707038802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4524 |