EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI SISWA DI SMK DARUL ULUM BAURENO

DEWI, SINTA SILVIANA (2023) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI SISWA DI SMK DARUL ULUM BAURENO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (985kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran diri merupakan keahlian yang dimiliki seseorang untuk bisa mengerti perasaan diri pikiran dan evaluasi dirinya sendiri. ada[pun aspek dari kesadaran diri yaitu ada 3; 1)mengenali perasaan diri, 2) mengakui diri yang tepat, 3) percaya akan dirinya sendiri. diukur dengan skala psikologi sebanyak 60 item terdiri dari 30 pernyataan positif dan 30 pernyataan negative. Metode yang dipakai yaitu kuantitatif: pre experimental Design, dengan model pre-test dan post test one grup design. Teknik yang digunakan purposive sampling . sampel yang digunakan yaitu 10 siswa dengan Teknik analisis data. adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa SMK Darul Ulum Baureno agar kesadaran diri siswa yang rendah bisa meningkat, siswa menjadi lebih giat belajar disekolah. adapun hasil dari pengolahan data ini bahwa presentase dari rata-rata antara sebelum dan setelah diberikan layanan / treatment yaitu bimbingan kelompok dengan Teknik role playing Dilakukan uji normalitas shapiro-wilk sig menunjukan nilai yaitu 0,299 dan 0,540 yang artinya nilai signifikan lebih besar dari 0,05 sehingga data dapat dinyatakan normal. Adapun hasil uji Paired sample T test adalah 0.000 dimana hasil tersebut kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan diterima. yang artinya hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan juga bahwa bimbingan kelompok dengan Teknik Role Playing efektif untuk meningkatkan kesadaran diri siswa SMK Darul Ulum Baureno.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Role Playing, Kesadaran Diri
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: SINTA SILVIANA DEWI
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:31
Last Modified: 20 Sep 2023 08:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SETYONINGSIH, YUNITA DWI
NIDN0710068404
Thesis advisor
TAWAKKAL, M. IQBAL
NIDN0715049401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4482

Actions (login required)

View Item
View Item