KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MOTIVATIONAL INTERVIEWING TECHNIQUE UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI DI SMK PK AL MUSTAWA

Mawaliya, Khiftul (2023) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MOTIVATIONAL INTERVIEWING TECHNIQUE UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI DI SMK PK AL MUSTAWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (895kB)
[thumbnail of BAB1.pdf] Text
BAB1.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi merupakan perilaku menunda-nunda tugas atau pekerjaan yang sudah diberikan oleh guru. Penyebab terjadinya karena rasa malas, tidak mampu mengatur waktu dengan baik, lebih memilih menghabiskan waktu untuk menonton televisi, dan bermain game, sehingga tugas tidak dapat diselesaikan sesuai dengan batas waktu yang diberikan dan berakibat pada menurunnya hasil belajar. Prokrastinasi mempunyai 4 aspek yaitu (1) penundaan untuk memulai dan mengerjakan tugas (2) keterlambatan dalam mengerjakan tugas (3) keterbatasan waktu antara rencana dan kinerja aktual (4) melakukan aktifitas lain daripada mengerjakan tugas. Dampak dari prokrastinasi yaitu performa akademik yang rendah, menyebabkan stress, menyebabkan penyakit karna setiap pekerjaan akan menimbulkan konsekuensi di akhir dan kecemasan yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok motivational interviewing technique untuk mengurangi prokrastinasi di SMK PK Al Mustawa
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasy eksperimen dengan nonequivalent control design grup. Populasi dalam penelitian ini 325 dengan 190 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan skala prokrastinasi yang digunakan untuk mengukur tingkat prokrastinasi siswa. Adapun pemilihan anggota kelompok sebanyak 20 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok Kontrol. Kelompok eksperimen diberikan treatmen selama 6 pertemuan sesuai dengan buku panduan teknik motivational interviewing untuk mengurangi prokrastinasi.
Hasil menunjukkan tingkat prokrastinasi dalam kategori tinggi dengan presentase 65%, sedang dengan presentase 29%, rendah dengan presentase 6%. Hasil uji independent sample t-test dengan hasil sig 0.001 yaitu efektif, dan hasil uji independent sample t-test aspek penundaan menyelesaikan tugas dengan hasil sig 0.000 yaitu efektif, aspek keterlambatan dalam mengerjakan tugas dengan hasil sig 0.002 yaitu efektif, aspek kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual dengan hasil sig 0.28 yaitu tidak efektif dan aspek melakukan aktivitas yang lebih menyenenangkan dengan hasil 0.000 yaitu efektif. hal tersebut menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik motivational interviewing dapat menurunkan prokrastinasi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi, Bimbingan Kelompok, Motivational Interviewing Technique,
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: KHIFTUL MAWALIYA
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:39
Last Modified: 21 Sep 2023 04:39
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rachmawati, Ulvina
NIDN0705069006
Thesis advisor
Afriliyanto, Agus
NIDN0716048904
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4463

Actions (login required)

View Item
View Item