PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA SMP

Almutafifah, Mifrotul Khofifah (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA SMP. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER .pdf] Text
COVER .pdf

Download (66kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB_III.pdf] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB_V.pdf] Text
BAB_V.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku asertif adalah kemampuan mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan dan dipikirkan yang menjadi haknya secara jelas dan tegas kepada orang lain tanpa menyalahi, menghina dan meremehkan hak pribadinya dan orang lain. Fenomena kecenderungan seseorang melakukan kenakalan atau perilaku negatif bersumber dari lemahnya perilaku asertif yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk yaitu pengembangan panduan pelatihan teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMP. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian yang diadaptasi dari Borg and Gall. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini meliputi sembilan tahap yaitu 1) analisis kebutuhan, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk , 4) validasi ahli, 5) revisi produk awal, 6) uji calon pengguna, 7) revisi produk operasional, 8) uji lapangan operasional, 9) revisi produk akhir. Produk yang dihasilkan berupa buku panduan Teknik sosiodrama tipe wayang fabel untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMP/MTs. Hasil dari pengembangan buku panduan ini telah melewati tiga tahap uji ahli yaitu uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media, dan uji ahli calon pengguna. Berdasarkan hasil penilaian dari ketiga uji ahli tersebut bahwa panduan model bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku asertif siswa tersebut sangat berguna, sangat layak, sangat tepat, dan sangat menarik untuk meningkatkan perilaku asertif siswa. Dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku asertif, siswa SMP, teknik sosiodrama.
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Almutafifah Mifrotul Khofifah
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:31
Last Modified: 20 Sep 2023 08:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049401
Thesis advisor
Efendi, Moh Yusuf
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4420

Actions (login required)

View Item
View Item