Alifia, Siti Nur (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING MELALUI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KORBAN BULLYING. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover
Download (185kB)
Awalan
Download (735kB)
Bab I
Download (489kB)
Bab II
Restricted to Registered users only
Download (473kB) | Request a copy
Bab III
Restricted to Registered users only
Download (500kB) | Request a copy
Bab IV
Restricted to Registered users only
Download (618kB) | Request a copy
Bab V
Download (350kB)
Dapus
Download (408kB)
Lampiran
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Sekolah merupakan tepat berkembangnya pengetahuan dan ketrampilan siswa, namun perannya menajadi terganggu dikarenakan adanya bullying. Sekolah juga sebagai wadah yang menampung beragam peserta didik, dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda, hal ini memungkinkan mereka membawa berbagai permasalahan ke sekolah yang akan mengganggu kegiatan belajarnya. Masalah yang sering diberitakan di media masa seperti tawuran antar pelajar, guru memukul peserta didik, senior menindas junior, pelecehan seksual, senior menghukum junior dengan push up dan lain sebagainya. Semuanya itu termasuk dalam kategori tindakan bullying. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini beradaptasi dari model Borg & Gall (1983) hal ini dikarenakan produk Borg & Gall sederhana dalam pengembangan dan tidak menurunkan kadar nilai dan kualitas dari output produk yang dikembangkan (Sugiyono, 2019:35). Hasil dari panduan pelatihan ini telah melewati tiga uji ahli yaitu, uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media dan uji ahli calon pengguna produk. Berdasarkan hasil dari penilaian uji ahli tersebut bahwa panduan penelitian teknik assertive training sangat berguna, sangat tepat, sangat layak, dan sangat menarik, dan bisa digunakan untuk panduan konselor SMP/MTs. Selain memiliki keberterimaan sangat berguna, sangat layak, sangat tepat dan sangat patut, panduan pelatihan meningkatkan perilaku asertif ini memiliki keunggulan, yaitu: (1)panduan disusun berdasarkan assessment beruapa wawancara kepada konselor sekolah dan pelancaran angket kepada siswa, sehingga memiliki indikasi kebutuhan tinggi bagi konselor sekolah dalam proses memberikan layanan bimbingan dan konseling (2)panduan pelatihan ini bersifat ilmiah, artinya panduan ini disusun berdasarkan beberapa rujukan ilmiah, serta telah diuji secara empiris melalui tahap uji ekseptabilitas oleh ahli BK, ahli media dan calon pengguna produk (3)panduan ini dikembangkan menggunakan teknik assertive training (teori) Corey, penulis buku teori dan praktek konseling kelompok dan perilaku asertif (teori) Corey, penulis buku perilaku asertif sehingga dapat mengurangi indikasi lemahnya perilaku asertif siswa dan (4) panduan perilaku asertif sebagai salah satu teknik developmental yang beriorentasi pada bidang pribadi-sosial serta relevan dari sudut skema pelaksanaan pelatihan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik assertive training, konseling kelompok, bullying |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Siti Nur Alifia |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 03:09 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 03:09 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Cahyaningrum, Vesti Dwi NIDN0715049401 Thesis advisor Afriliyanto, Agus NIDN0716048904 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4411 |