PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING MELALUI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KORBAN BULLYING

Alifia, Siti Nur (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING MELALUI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KORBAN BULLYING. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover] Text
Cover

Download (185kB)
[thumbnail of Awalan] Text
Awalan

Download (735kB)
[thumbnail of Bab I] Text
Bab I

Download (489kB)
[thumbnail of Bab II] Text
Bab II
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text
Bab III
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text
Bab IV
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text
Bab V

Download (350kB)
[thumbnail of Dapus] Text
Dapus

Download (408kB)
[thumbnail of Lampiran] Text
Lampiran
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah merupakan tepat berkembangnya pengetahuan dan ketrampilan siswa, namun perannya menajadi terganggu dikarenakan adanya bullying. Sekolah juga sebagai wadah yang menampung beragam peserta didik, dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda, hal ini memungkinkan mereka membawa berbagai permasalahan ke sekolah yang akan mengganggu kegiatan belajarnya. Masalah yang sering diberitakan di media masa seperti tawuran antar pelajar, guru memukul peserta didik, senior menindas junior, pelecehan seksual, senior menghukum junior dengan push up dan lain sebagainya. Semuanya itu termasuk dalam kategori tindakan bullying. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini beradaptasi dari model Borg & Gall (1983) hal ini dikarenakan produk Borg & Gall sederhana dalam pengembangan dan tidak menurunkan kadar nilai dan kualitas dari output produk yang dikembangkan (Sugiyono, 2019:35). Hasil dari panduan pelatihan ini telah melewati tiga uji ahli yaitu, uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media dan uji ahli calon pengguna produk. Berdasarkan hasil dari penilaian uji ahli tersebut bahwa panduan penelitian teknik assertive training sangat berguna, sangat tepat, sangat layak, dan sangat menarik, dan bisa digunakan untuk panduan konselor SMP/MTs. Selain memiliki keberterimaan sangat berguna, sangat layak, sangat tepat dan sangat patut, panduan pelatihan meningkatkan perilaku asertif ini memiliki keunggulan, yaitu: (1)panduan disusun berdasarkan assessment beruapa wawancara kepada konselor sekolah dan pelancaran angket kepada siswa, sehingga memiliki indikasi kebutuhan tinggi bagi konselor sekolah dalam proses memberikan layanan bimbingan dan konseling (2)panduan pelatihan ini bersifat ilmiah, artinya panduan ini disusun berdasarkan beberapa rujukan ilmiah, serta telah diuji secara empiris melalui tahap uji ekseptabilitas oleh ahli BK, ahli media dan calon pengguna produk (3)panduan ini dikembangkan menggunakan teknik assertive training (teori) Corey, penulis buku teori dan praktek konseling kelompok dan perilaku asertif (teori) Corey, penulis buku perilaku asertif sehingga dapat mengurangi indikasi lemahnya perilaku asertif siswa dan (4) panduan perilaku asertif sebagai salah satu teknik developmental yang beriorentasi pada bidang pribadi-sosial serta relevan dari sudut skema pelaksanaan pelatihan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: teknik assertive training, konseling kelompok, bullying
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Siti Nur Alifia
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:09
Last Modified: 19 Sep 2023 03:09
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049401
Thesis advisor
Afriliyanto, Agus
NIDN0716048904
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4411

Actions (login required)

View Item
View Item