FITRIA, DYAH AYU (2020) IMPLEMENTASI SIKAP TOLERANSI DALAM PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA SIDOKUMPUL. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (109kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (851kB)
BAB 1.pdf
Download (546kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (323kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Sikap toleransi adalah suatu sikap menghargai orang lain dalam konteks perbedaan dengan kita menahan diri serta membiarkan orang lain untuk berperilaku dan berpendapat yang tidak sesuai dengan apa yang kita anut atau yang kita yakini kebenarannya. Sikap toleransi yang diajarkan pada anak termasuk salah satu sikap yang mendukung aspek perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini. Nilai agama dan moral anak usia dini adalah aspek perkembangan anak yang menyangkut tentang sikap kita terhadap agama dan tingkah laku baik seseorang. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan atau studi kasus. Dan bersifat deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara untuk mengetahui sudut pandang sekolah mengenai implementasi sikap toleransi dalam perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK dharma Wanita Sidokumpul, sedangkan data tambahan berupa obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi sikap toleransi dalam perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Dharma Wanita Sidokumpul sudah berjalan dengan baik yaitu dengan cara: (1) Metode pembiasaan yang dilakukan dengan menerapkan do’a bersama setiap hari bergantian dan saling menghargai, (2) Metode Keteladanan yang mengarah pada peran guru dalam bersikap dan memberi pengetahuan di sekolah, (3) Metode Bercerita yang dilaksanakan baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Kegiatan belajar yang dilaksanakan secara terstruktur yaitu dengan bercerita dengan tema toleransi beragama dan memandu anak menyelesaikan tugas bermain dengan tema-tema toleransi beragama. Sedangkan metode bercerita tidak terstruktur yaitu bercerita dengan spontan saat terjadi kesalahpahaman antara peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Toleransi, Perkembangan Nilai Agama dan Moral Ana |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 23:22 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 23:22 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NI’MAH, ROUDLOTUN UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/440 |