Siyam, Siti Lailatus (2023) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK SELF REGULATION TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN EMPLOYABILITY SKILLS PADA SISWA SMK NEGERI NGRAHO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
Cover.pdf
Download (518kB)
Awalan.pdf
Download (893kB)
BAB I.pdf
Download (246kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (173kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (308kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Employability skills merupakan suatu keterampilan non teknis yang sebaiknya dimiliki oleh setiap individu agar lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan, mempertahankan pekerjaan, dan melakukan pengembangan karir di tempat kerja sekarang atau di tempat kerja baru. Aspek-aspek dalam employability skills meliputi: keterampilan berkomunikasi, bekerja dalam tim, memecahkan masalah, mengambil prakarsa dan berusaha, merencanakan dan mengatur kegiatan, mengelola diri, keterampilan dalam pembelajaran, keterampilan dalam menggunakan teknologi, kesehatan dan keselamatan kerja (k3). Konseling kelompok self regulation technique dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan employability skills dengan cara pemimpin kelompok (guru BK) berperan aktif dalam memberikan dukungan, arahan dan menentukan prosedur yang tepat untuk membantu anggota kelompok dalam mengelola, mengatur, merencanakan, memonitoring perilakunya saat melakukan tindakan untuk pencapaian tujuan yang diinginkan. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan efektivitas konseling kelompok self regulation technique untuk meningkatkan employability skills siswa.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan quasi experimental design dan desain penelitian non equivalent control group design yang melibatkan 14 responden dari SMK Negeri Ngraho dengan tingkat employability skills rendah sebagai sampel, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu 7 kelompok kontrol dan 7 kelompok eksperimen. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan penyebaran skala psikologis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabiltas dan uji efektivitas. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa 70 item valid dengan nilai cronbac’h alpha 0,909.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat employability skills siswa SMK Negeri Ngraho yaitu kategori tinggi sebesar 16%, sedang sebesar 63%, dan rendah sebesar 22%. Hasil uji independent samples test diketahui nilai t hitung dalam equal variances assumed yaitu 1,724 dan signifikansi 2-tailed 0,110 (sig > 0,05) maka Ha ditolak dan H0 diterima. Hasil uji independent samples test untuk menguji aspek-aspek employbility skills juga menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2-tailed dari masing-masing aspek yaitu > 0,05 hanya satu aspek yang memiliki nilai signifikansi 2-tailed setara dengan 0,05 yaitu aspek kesehatan dan keselamatn kerja. Artinya, konseling kelompok self regulation technique tidak efektif untuk meningkatkan employability skills siswa SMK Negeri Ngraho baik secara keseluruhan maupun peraspek.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konseling kelompok |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | SITI LAILATUS SIYAM |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 08:29 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 08:29 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Srianturi, Yanuari NIDN0717019401 Thesis advisor Rachmawati, Ulvina NIDN0705069006 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4361 |