Endang, Kiswati (2020) PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSI (Studi Kasus RA Al Mansur Bojonegoro). Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (243kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (2MB)
BAB 1.pdf
Download (2MB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (367kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (366kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
lnklusi merupakan perubahan praktis yang memberi peluang kepada anak dengan latar belakang dan kemampuan yang berbcda bisa berhasil dalam belajar. Perubahan ini tidak hanya menguntungkan anak yang ABK saja, tetapi juga bagi semua anak dan orangtuanya, semua guru dan warga sekolah, clan juga setiap anggota masyarakat. Sekolah inklusi mengikutsertakan ABK di kclas umum dengan anak-anak lainya, tanpa melihat latar belakang dari semua anak. RA Al Mansur Bojonegoro, tennasuk salah satu lembaga yang menerima sis,,1a ABK sekaligus mcnerapkan pendidikan inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mcngungkapkan penerapan pendidikan inklusi yang diterapkan di RA Al Mansur Bojonegoro, dengan sub fokus mencakup: (I) perencanaan pcndidikan inklusi (2) pelaksanaan pendidikan inklusi (3) evaluasi pendidikan inklusi, yang dilakukan RA Al Mansur Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kcsimpulan, pengecekan keabsahan ternuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik trianggulasi dengan rnenggunakan bcrbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, para pendidik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (l) perencanaan pendidikan inklusi yang dilakukan RA Al Mansur yaitu sistem penerimaan peserta didik baru hanya bcrdasarkan usia anak saja tanpa adanya tes, meliputi : observasi, pemberian formulir dan data kondisi fisik anak. Menggunakan kurikulum 20 IO yang mengacu pada Permendiknas no 58 dan di sesuaikan dengan kebutuhan anak. Komposisi kelas terdiri dari berbagai kcanekaragaman, dengan menerapkan pendekatan model inklusi penuh, dimana pcserta didik berkebutuhan khusus bersama-sama dcngan peserta didik pada wnumnya dalam kelas yang sama. Mcreka diberi kesempatan yang sama untuk mengikuti proses pembclajaran sebagai bentuk komitmen pendidikan yang tidak diskriminatif. (2) pelaksanaan pendidikan inklusi RA Al Mansur meliputi: kegiatan awal, kegiatan inti 1, kegiatan inti 11 , serta kegiatan akhir yang mengcmbangkan 6 aspek perkembangan peserta didik ( Moral, kognitif, Bahasa, fisik-motorik, sosialemosional, dan seni). (3) evaluasi pembelajaran dilakukan perminggu, sedangkan standart penilaian pencapaian hasil belajar bagi ABK di bawah peserta didik pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan pendidikan, inklusi. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 06:32 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 06:32 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fikri, M. Tsaqibul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/435 |