KHASANAH, SITI ZAIDATUL (2023) KEEFEKTIFAN SELF TALK TECHNIQUE DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMP NEGERI 2 RENGEL. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
Awalan.pdf
Download (637kB)
Cover.pdf
Download (211kB)
BAB I.pdf
Download (569kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (753kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (535kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (503kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (644kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian di latar belakangi dengan permasalahan rendahnya komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di SMP 2 Negeri Rengel yang ditandai dengan perilaku seperti siswa masih malu dan enggan berkomunikasi sesama temannya maupun dengan guru, siswa malu menyampaikan pendapat saat sekolah, siswa masih sulit beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang di dapatkan bersama guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik self-talk untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre eksperiment dengan desain one group Pre-test dan Post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP 2 Negeri Rengel Tahun Ajaran 2022-2023. Data di kumpulkan melalui instrument komunikasi interpersonal. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 10 anak dengan layanan bimbingan kelompok dan diberikan Treatment selama 7 pertemuan. Teknik analisis data menggunakan uji Shapiro Wilk untuk membandingkan nilai Pre- test dan Post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa kelas VIII sebelum di berikan perlakuan teknik Self-talk berada dalam kategori rendah dengan presentase rata-rata 10,39% yaitu berada dalam kategori rendah dan setelah di berikan perlakuan dengan teknik Self-talk mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan presentase rata-rata 16,90%, perbedaan antara hasil presentase sebelum dan sesudah treatment rata-rata yaitu sebesar 5,940%. Maka dapat kita simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara Pre-test dan Post-test, artinya teknik Self-talk cukup efektif dalam meningkatkan interpersonal siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Self Talk Komunikasi Interpersonal Siswa |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Siti Zaidatul Khasanah |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 08:48 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 08:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NOVITASARI, ZETI NIDN0711118702 Thesis advisor TAWAKKAL, M. IQBAL NIDN0707038802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4343 |