KEEFEKTIFAN SELF TALK TECHNIQUE DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMP NEGERI 2 RENGEL

KHASANAH, SITI ZAIDATUL (2023) KEEFEKTIFAN SELF TALK TECHNIQUE DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMP NEGERI 2 RENGEL. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (644kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian di latar belakangi dengan permasalahan rendahnya komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di SMP 2 Negeri Rengel yang ditandai dengan perilaku seperti siswa masih malu dan enggan berkomunikasi sesama temannya maupun dengan guru, siswa malu menyampaikan pendapat saat sekolah, siswa masih sulit beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang di dapatkan bersama guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik self-talk untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre eksperiment dengan desain one group Pre-test dan Post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP 2 Negeri Rengel Tahun Ajaran 2022-2023. Data di kumpulkan melalui instrument komunikasi interpersonal. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 10 anak dengan layanan bimbingan kelompok dan diberikan Treatment selama 7 pertemuan. Teknik analisis data menggunakan uji Shapiro Wilk untuk membandingkan nilai Pre- test dan Post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa kelas VIII sebelum di berikan perlakuan teknik Self-talk berada dalam kategori rendah dengan presentase rata-rata 10,39% yaitu berada dalam kategori rendah dan setelah di berikan perlakuan dengan teknik Self-talk mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan presentase rata-rata 16,90%, perbedaan antara hasil presentase sebelum dan sesudah treatment rata-rata yaitu sebesar 5,940%. Maka dapat kita simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara Pre-test dan Post-test, artinya teknik Self-talk cukup efektif dalam meningkatkan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Self Talk Komunikasi Interpersonal Siswa
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Siti Zaidatul Khasanah
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:48
Last Modified: 18 Sep 2023 08:50
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NOVITASARI, ZETI
NIDN0711118702
Thesis advisor
TAWAKKAL, M. IQBAL
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4343

Actions (login required)

View Item
View Item