KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP WAHID HASYIM KEPOHBARU

Huda, Muh Alfiyan Asrorul (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP WAHID HASYIM KEPOHBARU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku prokrastinasi akademik yang terjadi di SMP Wahid Hasyim Kepohbaru ditandai dengan perilaku menunda memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, kurangnya keterampilan dalam mengatur waktu, serta melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMP Wahid Hasyim Kepohbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 113 yang diambil sebanyak 90 siswa untuk dijadikan sampel penelitian dan 8 siswa yang dijadikan anggota konseling kelompok. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Eksperimental Design dengan bentuk design One-Group pretest-Posttest. Hasil perhitungan pre-test dan post-test menggambarkan adanya perbedaan yang signifikan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring. Dari hasil uji Paired Sample T-test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000, atau nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 yang berarti bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring efektif digunakan untuk mengurangi prokrastinasi siswa SMP Wahid Hasyim Kepohbaru.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik Siswa, Konseling Kelompok, Cognitive Restructuring
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Muh Alfiyan Asrorul Huda
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:59
Last Modified: 18 Sep 2023 06:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Srianturi, Yanuari
NIDN0717019401
Thesis advisor
Efendi, Moh Yusuf
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item
View Item