Huda, Muh Alfiyan Asrorul (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP WAHID HASYIM KEPOHBARU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (135kB)
AWALAN.pdf
Download (345kB)
BAB I.pdf
Download (230kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (114kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (187kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perilaku prokrastinasi akademik yang terjadi di SMP Wahid Hasyim Kepohbaru ditandai dengan perilaku menunda memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, kurangnya keterampilan dalam mengatur waktu, serta melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMP Wahid Hasyim Kepohbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 113 yang diambil sebanyak 90 siswa untuk dijadikan sampel penelitian dan 8 siswa yang dijadikan anggota konseling kelompok. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Eksperimental Design dengan bentuk design One-Group pretest-Posttest. Hasil perhitungan pre-test dan post-test menggambarkan adanya perbedaan yang signifikan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring. Dari hasil uji Paired Sample T-test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000, atau nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 yang berarti bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring efektif digunakan untuk mengurangi prokrastinasi siswa SMP Wahid Hasyim Kepohbaru.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prokrastinasi Akademik Siswa, Konseling Kelompok, Cognitive Restructuring |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Muh Alfiyan Asrorul Huda |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 06:59 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 06:59 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Srianturi, Yanuari NIDN0717019401 Thesis advisor Efendi, Moh Yusuf NIDN0706018902 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4321 |