NISA', SANIA SALSABILA KHOIRUN (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP/MTs. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (101kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Motivasi Belajar adalah keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan kegaiatan belajar, menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah arah pada kegiatan belajar. Layanan bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok. Dalam buku panduan ini intervensi yang dilakukan oleh konselor dengan menggunakan teknik motivational interviewing di dalamnya. Teknik motivational interviewing adalah merupakan sebuah teknik konseling yang bertujuan untuk membantu siswa mengatasi perasaan ambivalensi dan mengembangkan komitmen untuk berubah. Dari hasil analisis kuisioner yang dibagikan pada tiga sekolah dibeberapa kecamatan di kabupaten Bojonegoro terdapat 49 siswa yang memiliki motivasi belajar siswa sangat rendah dengan tingkat prosentase 17,4%. 142 Siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah dengan prosentase 50,4%. 55 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan prosentase 19,5%. 36 siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar sangat tinggi dengan prosentasi 12,7%. Hasil dari buku panduan ini telah melewati tahap tiga uji ahli yaitu uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli mendia, dan uji ahli calon pengguna. Berdasarkan hasil penilaian dari ketiga uji ahli tesebut bahwa Panduan Pelatihan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Motivational Interviewing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar tersebut berguna untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Simpulan yang didapatkan dari ketiga uji ahli adalah buku panduan tersebut layak, tepat, dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor SMP/MTs.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, teknik motivational interviewing, siswa |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Sania Salsabila Khoirun Nisa' |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 04:18 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 04:18 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CAHYANINGRUM, VESTI DWI NIDN0715049401 Thesis advisor SETYONINGSIH, YUNITA DWI NIDN0710068404 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4320 |