PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP/MTs

NISA', SANIA SALSABILA KHOIRUN (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP/MTs. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi Belajar adalah keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan kegaiatan belajar, menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah arah pada kegiatan belajar. Layanan bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok. Dalam buku panduan ini intervensi yang dilakukan oleh konselor dengan menggunakan teknik motivational interviewing di dalamnya. Teknik motivational interviewing adalah merupakan sebuah teknik konseling yang bertujuan untuk membantu siswa mengatasi perasaan ambivalensi dan mengembangkan komitmen untuk berubah. Dari hasil analisis kuisioner yang dibagikan pada tiga sekolah dibeberapa kecamatan di kabupaten Bojonegoro terdapat 49 siswa yang memiliki motivasi belajar siswa sangat rendah dengan tingkat prosentase 17,4%. 142 Siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah dengan prosentase 50,4%. 55 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan prosentase 19,5%. 36 siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar sangat tinggi dengan prosentasi 12,7%. Hasil dari buku panduan ini telah melewati tahap tiga uji ahli yaitu uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli mendia, dan uji ahli calon pengguna. Berdasarkan hasil penilaian dari ketiga uji ahli tesebut bahwa Panduan Pelatihan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Motivational Interviewing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar tersebut berguna untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Simpulan yang didapatkan dari ketiga uji ahli adalah buku panduan tersebut layak, tepat, dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, teknik motivational interviewing, siswa
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Sania Salsabila Khoirun Nisa'
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:18
Last Modified: 18 Sep 2023 04:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANINGRUM, VESTI DWI
NIDN0715049401
Thesis advisor
SETYONINGSIH, YUNITA DWI
NIDN0710068404
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item
View Item