IMPLEMENTASI HIGER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA KEULETAN SISWA KELAS VII MTS WASILATUL HUDA DUKOHKIDUL NGASEM BOJONEGORO

NUVINTA, ADINDA VIRNA (2020) IMPLEMENTASI HIGER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA KEULETAN SISWA KELAS VII MTS WASILATUL HUDA DUKOHKIDUL NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Higer Order Thingking Skills adalah keahlihan yang meliputi kemampuan seseorang untuk berpikir secara kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif. Maksudnya belajar tidak sekedar menerima transferan ilmu dari sumber ilmu, akan tetapi bagaimana seseorang melakukan tindakan dan berperilaku dengan dasar ilmu baru yang diperolehnya. Karaktertisitik keuletan pada peserta didik terletak pada sikap dan tingkah laku yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi hal ini tidak akan berdampak positif jika tidak ada keseimbangan dengan pembelajaran Aqidah Akhlak karena sikap optimis yang berlebihan akan menimbulkan dampak kesombangan bagi peserta didik. Berpijak dari uraian tersebut permasalahan penelitian diatas adalah (1) Bagaimana Implementasi Higer Order Thingking Skill dan karakteristik Sikap Ulet pada siswa kelas VII MTs Wasilatul Huda Dukohkidul Ngasem Bojonegoro.(2) Apa Kendala dan Solusi dalam Implementasi Higer Order Thingking skill dalam Pembelajaran Aqidah Ahklak dikelas VII MTs Wasilatul Huda Dukohkidul Ngasem Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan jenis deskriptif kualitatif, dimana peneliti membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat. Yang diperoleh berdasarkan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Kemudian dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh sebuah kesimpulan bahwa: (1) penerapan Higer Order Thingking Skill kelas VII di MTs Wasilatul Huda guru selain berperan sebagai pendidik juga memerankan perannya sebagai fasilitator, Karakteristik keuletan pada siswa terletak pada metode tutor sebaya yang mana akan memunculkan sikap percaya diri, pantang menyerah disertai kemauan keras dalam usaha mencapai tujuan dan cita-cita (2) Kendala dalam penerapan Higer Order Thingking Skill terletak pada tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda-beda dan pelaksanaan apersepsi yang sulit dijalankan, solusi yang didapat antara lain memperhatikan kondisi dan perkembangan kesehatan fisik dan mental peserta didik, terus menerus memberikan motivasi, menampilkan sebuah vedio yang berkaitan dengan materi, membuat kuis, games atau permainan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Higer Order Thingking skill, Keuletan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:52
Last Modified: 26 Jan 2022 02:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Mamlu’ah, Aya
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item
View Item