HIDAYATI, YAYUK (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA MADRASAH IBTIDIAYAH (MI) ULUL ALBAB PLESUNGAN KAPAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (224kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (425kB)
BAB 1.pdf
Download (315kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (111kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V MI Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro, dengan ketuntasan hasil belajar siswa memiliki kategori rendah. Hal ini disebabkan penggunaan strategi pembelajaran masih kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two dan hasil belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro serta untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two terhadap hasil belajar IPS siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan diskriptif. Dengan alasan, jenis penelitian kuantitatif lebih sistematis, terencana, terstruktur, jelas dari awal hingga akhir penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, dokumentasi, angket dan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif dengan komputasi Microsoft ecxel menggunakan rumus Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari pre test. Berdasarkan hasil pehitungan analisa data dengan komputasi Microsoft ecxel menggunakan rumus Product Moment Pearson didapat bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dimana hasil r hitung lebih besar dari r tabel baik pada baik taraf signifikansi 5% (5% : 30) atau 0,614 > 0,361 maupun pada taraf signifikansi 1 % (1%;30) dimana 0,614 > 0,463. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe the power of two dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Tipe The Power of Two, Mata Pelajaran IPS,Hasil Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 02:41 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 02:41 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor IMAMAH, HABIBATUL UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/427 |