IDRIS, M (2023) Pengintegrasian Ketrampilan Abad 21 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Creativity, dan Collaboration) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Bojonegoro dan SMA Plus Ar Rahmat Bojonegoro. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (19kB)
AWALAN.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (683kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan abad 21 menekankan pada pengembangan ketrampilan abad 21 yaitu 4C, yang mencakup Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Creativity, dan Collaboration. Integrasi ketrampilan abad 21 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas memiliki potensi untuk membentuk siswa yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menganalisis bagaimana pengintegrasian ketrampilan 4C dilakukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Bojonegoro dan SMA Plus Ar Rahmat Bojonegoro. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus ganda di dua sekolah berbeda. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru-guru terkait, dan analisis dokumen serta materi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua sekolah memiliki upaya dalam mengintegrasikan ketrampilan abad 21 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan cukup memiliki dampak positif yang signifikan yakni siswa merasa lebih siap dalam menghadapi tuntutan dunia modern sambil tetap berpegang pada nilai-nilai agama Islam dan etika, meskipun dengan pendekatan dan tingkat implementasi yang berbeda. Oleh karena itu, perlunya perencanaan dan strategi yang matang dalam mengintegrasikan keterampilan abad 21 tanpa mengorbankan substansi ajaran agama dan budi pekerti.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengintegraisan, keterampilan abad 21 4C, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMA Negeri 1 Bojonegoro, SMA Plus Ar Rahmat Bojonegoro |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Idris |
Date Deposited: | 16 Sep 2023 07:57 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 07:57 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor BURHANUDDIN, HAMAM NIDN2109028601 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4262 |