Pengintegrasian Ketrampilan Abad 21 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Creativity, dan Collaboration) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Bojonegoro dan SMA Plus Ar Rahmat Bojonegoro

IDRIS, M (2023) Pengintegrasian Ketrampilan Abad 21 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Creativity, dan Collaboration) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Bojonegoro dan SMA Plus Ar Rahmat Bojonegoro. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan abad 21 menekankan pada pengembangan ketrampilan abad 21 yaitu 4C, yang mencakup Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Creativity, dan Collaboration. Integrasi ketrampilan abad 21 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas memiliki potensi untuk membentuk siswa yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menganalisis bagaimana pengintegrasian ketrampilan 4C dilakukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Bojonegoro dan SMA Plus Ar Rahmat Bojonegoro. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus ganda di dua sekolah berbeda. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru-guru terkait, dan analisis dokumen serta materi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua sekolah memiliki upaya dalam mengintegrasikan ketrampilan abad 21 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan cukup memiliki dampak positif yang signifikan yakni siswa merasa lebih siap dalam menghadapi tuntutan dunia modern sambil tetap berpegang pada nilai-nilai agama Islam dan etika, meskipun dengan pendekatan dan tingkat implementasi yang berbeda. Oleh karena itu, perlunya perencanaan dan strategi yang matang dalam mengintegrasikan keterampilan abad 21 tanpa mengorbankan substansi ajaran agama dan budi pekerti.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: pengintegraisan, keterampilan abad 21 4C, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMA Negeri 1 Bojonegoro, SMA Plus Ar Rahmat Bojonegoro
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Idris
Date Deposited: 16 Sep 2023 07:57
Last Modified: 16 Sep 2023 07:57
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
BURHANUDDIN, HAMAM
NIDN2109028601
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4262

Actions (login required)

View Item
View Item