PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI INTERAKSI SOSIAL KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) ULUL ALBAB PLESUNGAN KAPAS BOJONEGORO

MARWIYAH, MARWIYAH (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI INTERAKSI SOSIAL KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) ULUL ALBAB PLESUNGAN KAPAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran time token merupakan metode pembelajaran yang bertujuan agar masing-masing anggota kelompok diskusi mendapatkan kesempatan untuk memberikan konstribusi dalam menyampaikan pendapat mereka dan mendengarkan pandangan serta pemikiran anggota lain”. Metode ini memiliki struktur pengajaran yang sangat cocok digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, serta untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali. Time Token merupakan model belajar dengan ciri adanya tanda waktu atau batasan waktu. Batasan waktu disini bertujuan untuk memacu dan memotivasi siswa dalam mengembangkan kemampuan berfikir dan mengemukakan gagasannya. Model pembelajaran ini cocok untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa atau menghindari siswa mendominasi bicara dan siswa lain hanya diam. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, 1. Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan metode Time Token pada mata pelajaran IPS di MI Ulul Albab Plesungan. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana hasil belajar dengan metode Time Token pada mata pelajaran IPS di MI Ulul Albab Plesungan. 3) Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Time Token dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MI Ulul Albab Plesungan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji validitas, uji reabilitas dan product moment. Berdasarkan hasil analisis data secara kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan product moment dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Time Token berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V MI Ulul Albab Plesungan. Besar taraf signifikan uji validitas sebesar 0,463, uji reabilitas sebesar 0,73 dan product moment pada tabulasi data sebesar 0,659. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode Time Token memberikan pengaruh yang besar terhadap tingginya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan materi Interaksi Sosial kelas V MI Ulul Albab Plesungan. Saran yang diberikan adalah metode ini dapat digunakan dalam berbagai mata pelajaran, namun harus disesuaikan dengan materi pembelajaran. Selain itu, dalam penggunaannya harus sesuai dengan langkahlangkah yang telah tertera dalam teknik Time Token.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Interaksi Sosial, Metode Time Token
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:59
Last Modified: 24 Jan 2022 03:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
IMAMAH, HABIBATUL
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item
View Item