TINA, APRILIA NUR (2023) KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA MELALUI MEDIA EDUCATIVE GAME MATHEMATICS BERBASIS ANDROID TOMATH KAYANGAN API. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (335kB)
Awalan.pdf
Download (943kB)
BAB I.pdf
Download (330kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (587kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (309kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (402kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Matematika merupakan pelajaran yang digunakan untuk membantu memecahkan masalah dalam kehidupan nyata. Kemampuan problem solving merupakan kemampuan mendasar yang diperlukan seseorang untuk memecahkan masalah dengan menggunakan berbagai tahap. Dengan media pembelajaran yang tepat, maka akan lebih memudahkan siswa untuk memahami dan berusaha memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan problem solving siswa melalui media educative game mathematics berbasis android ToMath Kayangan Api. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Balen. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa dengan kemampuan problem solving tinggi, dua siswa dengan kemampuan problem solving sedang, dan dua siswa dengan kemampuan problem solving rendah. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti, soal tes kemampuan problem solving, pedoman wawancara, dan educative game mathematics berbasis android ToMath Kayangan Api. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) subjek dengan kemampuan problem solving tingkat tinggi mampu memenuhi empat indikator, yaitu understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, dan looking back pada kemampuan problem solving menurut tahapan Polya, (2) subjek dengan kemampuan problem solving tingkat sedang mampu memenuhi tiga indikator, yaitu understanding the problem, devising a plan, dan carrying out the plan pada kemampuan problem solving menurut tahapan Polya, (3) subjek dengan kemampuan problem solving tingkat rendah hanya mampu memenuhi dua indikator, yaitu understanding the problem dan devising a plan pada kemampuan problem solving menurut tahapan Polya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Problem Solving, Educative Game, SPLDV |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Aprilia Nur Tina |
Date Deposited: | 16 Sep 2023 06:43 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 06:43 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sari, Astrid Chandra NIDN0721059101 Thesis advisor Fitri, Anisa NIDN0719049202 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4249 |