KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA MELALUI MEDIA EDUCATIVE GAME MATHEMATICS BERBASIS ANDROID TOMATH KAYANGAN API

TINA, APRILIA NUR (2023) KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA MELALUI MEDIA EDUCATIVE GAME MATHEMATICS BERBASIS ANDROID TOMATH KAYANGAN API. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (943kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang digunakan untuk membantu memecahkan masalah dalam kehidupan nyata. Kemampuan problem solving merupakan kemampuan mendasar yang diperlukan seseorang untuk memecahkan masalah dengan menggunakan berbagai tahap. Dengan media pembelajaran yang tepat, maka akan lebih memudahkan siswa untuk memahami dan berusaha memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan problem solving siswa melalui media educative game mathematics berbasis android ToMath Kayangan Api. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Balen. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa dengan kemampuan problem solving tinggi, dua siswa dengan kemampuan problem solving sedang, dan dua siswa dengan kemampuan problem solving rendah. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti, soal tes kemampuan problem solving, pedoman wawancara, dan educative game mathematics berbasis android ToMath Kayangan Api. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) subjek dengan kemampuan problem solving tingkat tinggi mampu memenuhi empat indikator, yaitu understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, dan looking back pada kemampuan problem solving menurut tahapan Polya, (2) subjek dengan kemampuan problem solving tingkat sedang mampu memenuhi tiga indikator, yaitu understanding the problem, devising a plan, dan carrying out the plan pada kemampuan problem solving menurut tahapan Polya, (3) subjek dengan kemampuan problem solving tingkat rendah hanya mampu memenuhi dua indikator, yaitu understanding the problem dan devising a plan pada kemampuan problem solving menurut tahapan Polya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Problem Solving, Educative Game, SPLDV
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aprilia Nur Tina
Date Deposited: 16 Sep 2023 06:43
Last Modified: 16 Sep 2023 06:43
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
NIDN0721059101
Thesis advisor
Fitri, Anisa
NIDN0719049202
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4249

Actions (login required)

View Item
View Item