NISA’, ANIS KHOIRUN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MI DARUL ULUM BLONGSONG BAURENO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (147kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (611kB)
BAB 1.pdf
Download (124kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (9kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (689kB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang telah dimasukkan pada jenjang pendidikan dasar. Materi pelajaran IPA yang terkadang rumit membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mampu memotivasi siswa agar tertarik dengan materi yang diajarkan. Proses pembelajaran harus dibuat dengan mudah sekaligus menyenangkan agar siswa tidak tertekan secara psikologis dan tidak merasa bosan dengan suasana di kelas. Model pembelajaran Course Review Horay (CRH) merupakan salah satu dari model pembelajaran kooperatif yang melibatkan peran aktif siswa. Model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat menguji pemahaman siswa mengenai materi yang disampaikan menggunakan soal dengan jawaban yang ditulis dalam kotak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Darul Ulum Blongsong Baureno Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), tes dan skala objek, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas instrument dan teknik prosentase. Informan penelitian yaitu kepala sekolah/madrasah dan para pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan model Course Review Horay (CRH) pada materi sistem peredaran darah manusia MI Darul Ulum Blongsong berjalan dengan lancar. Model Course Review Horay (CRH) dilaksanakan secara berkelompok. Dengan media kotak jawaban yang telah disediakan guru, siswa mendengarkan soal dari guru , mereka berdiskusi dalam kelompok kemudian menjawab soal dengan memasukkan jawaban ke dalam kotak. (2) Hasil belajar siswa melalui Model Course Review Horay (CRH) pada materi sistem peredaran darah manusia mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kognitif (pre-test) adalah 9 yang berada pada kategori rendah menjadi rata-rata kognitif (post-test) 12 yang berada pada kategori tinggi. (3) Model Course Review Horay (CRH) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia di MI Darul Ulum Blongsong, yang ditunjukkan dengan prosentase untuk kategori rendah sebanyak 0%, yangberada pada kategori sedang sebanyak 9%, sejumlah 73% siswa memperoleh nilai kategori tinggi, serta 18% siswa memperoleh nilai dengan kategori sangat tinggi, yang memberikan pengertian bahwa hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Course Review Horay (CRH), hasil belajar, IPA |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 03:46 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 03:46 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AMRETA, MIDYA YULI UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/424 |