PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MI DARUL ULUM BLONGSONG BAURENO BOJONEGORO

NISA’, ANIS KHOIRUN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MI DARUL ULUM BLONGSONG BAURENO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang telah dimasukkan pada jenjang pendidikan dasar. Materi pelajaran IPA yang terkadang rumit membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mampu memotivasi siswa agar tertarik dengan materi yang diajarkan. Proses pembelajaran harus dibuat dengan mudah sekaligus menyenangkan agar siswa tidak tertekan secara psikologis dan tidak merasa bosan dengan suasana di kelas. Model pembelajaran Course Review Horay (CRH) merupakan salah satu dari model pembelajaran kooperatif yang melibatkan peran aktif siswa. Model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat menguji pemahaman siswa mengenai materi yang disampaikan menggunakan soal dengan jawaban yang ditulis dalam kotak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Darul Ulum Blongsong Baureno Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), tes dan skala objek, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas instrument dan teknik prosentase. Informan penelitian yaitu kepala sekolah/madrasah dan para pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan model Course Review Horay (CRH) pada materi sistem peredaran darah manusia MI Darul Ulum Blongsong berjalan dengan lancar. Model Course Review Horay (CRH) dilaksanakan secara berkelompok. Dengan media kotak jawaban yang telah disediakan guru, siswa mendengarkan soal dari guru , mereka berdiskusi dalam kelompok kemudian menjawab soal dengan memasukkan jawaban ke dalam kotak. (2) Hasil belajar siswa melalui Model Course Review Horay (CRH) pada materi sistem peredaran darah manusia mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kognitif (pre-test) adalah 9 yang berada pada kategori rendah menjadi rata-rata kognitif (post-test) 12 yang berada pada kategori tinggi. (3) Model Course Review Horay (CRH) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia di MI Darul Ulum Blongsong, yang ditunjukkan dengan prosentase untuk kategori rendah sebanyak 0%, yangberada pada kategori sedang sebanyak 9%, sejumlah 73% siswa memperoleh nilai kategori tinggi, serta 18% siswa memperoleh nilai dengan kategori sangat tinggi, yang memberikan pengertian bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Course Review Horay (CRH), hasil belajar, IPA
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:46
Last Modified: 24 Jan 2022 03:46
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AMRETA, MIDYA YULI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item
View Item