HIDAYATI, ALFI NUR (2020) PERAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN SEBAGAI MEDIAPEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) MEDALEM I KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (100kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (648kB)
BAB 1.pdf
Download (507kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (303kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (518kB) | Request a copy
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi dan manfaat pendidikan kepramukaan sebagai media pembentukan karakter kepemimpinan siswa di SDN Medalem I. Hal ini dilatar belakangi oleh mendalamkan karakter kepemimpinan pada kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang dilakukan oleh Pembina pramuka SDN Medalem I dengan tujuan agar siswa SDN Medalem I benar-benar memiliki karakter kepemimpinan yang baik dan penuh rasa tanggungjawab. Selain itu penerapan karakter kepemimpinan siswa pada ekstrakulikuler pramuka di SDN Medalem I dilakukan sejak dini agar mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi dan manfaat pendidikan kepramukaan sebagai media pembentukan karakter kepemimpinan siswa di SDN Medalem I. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskritif yakni melihat fenomena yang terjadi dilapangan untuk memperoleh data dan penguraiannya secara sistematik sehingga mudah untuk dipahami.Dan teknik yang digunakan adalah observasi, komunikasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan proses implementasi dan manfaat pendidikan kepramukaan sebagai media pembentukan karaker kepemimpinan siswa pembina menggunakan metode belajar sambil melakukan learning by doing tahap transinternalisasi nilai dengan memberikan contoh terlebih dahulu kemudian peserta Pramuka mengikutinya. Penerapan jelajah alam yang dilakukan setia tiga bulan sekali yang dilakukan diakhir pertemuan.Dan penerapan pada kegiatankegiatan dalam ekstrakuler pramuka.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pramuka, Media, Kepemimpinan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 04:50 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 04:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AMRETA, MIDYA YULI UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/418 |