SAADAH, CICIK NUR (2023) Penerapan Minimum Spanning Tree Dengan Algoritma Kruskal Pada Hasil Studi Matematika Siswa Kelas VII Di MTs Terpadu Manba'ul Ulum. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
Cover.pdf
Download (99kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (294kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (701kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (969kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (248kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (218kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (296kB) | Request a copy
Abstract
Banyaknya materi matematika yang diajarkan dengan nilai hasil studi yang hanya disimpan dibuku daftar nilai dan raport semester tanpa adanya analisa ulang, guru belum mampu melakukan analisa terhadap hasil studi siswa, sehingga guru kesulitan dalam mengidentifikasi materi yang berpengaruh atau berkaitan dan menjadi center terhadap materi lainnya. Penelitian ini membahas tentang penerapan Minimum Spanning Tree dengan menggunakan Algoritma Kruskal pada hasil studi matematika kelas VII di MTs Terpadu Manba’ul Ulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keterkaitan antar materi dan mencari materi yang menjadi center atau mendominasi dari materi-materi matematika yang diajarkan di kelas VII. Materi yang diajarkan yaitu materi bilangan, himpunan, bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, perbandingan dan skala, aritmatika sosial, garis dan sudut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi pearson dan Minimum Spanning Tree. Korelasi pearson digunakan untuk menghitung nilai hasil studi siswa, sehingga bisa diketahui seberapa kuat hubungan atau keterkaitan antar materi yang diajarkan yang kemudian diaplikasikan kedalam bentuk graf Minimum Spanning Tree untuk melihat center (mendominasi) terhadap materi lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari penerapan Minimum Spanning Tree dengan menggunakan algoritma kruskal pada nilai hasil studi siswa bisa diketahui hubungan antar materi dan penentuan materi yang menjadi center (mendominasi) yaitu materi bentuk aljabar, artinya hasil studi siswa terhadap materi bentuk aljabar dapat mempengaruhi hasil studi siswa terhadap materi lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minimum Spanning Tree (MST), Algoritma Kruskal, Hasil Studi Matematika |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cicik Nur Sa'adah |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 09:30 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 09:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FATHONI, M. IVAN ARIFUL NIDN0705019103 Thesis advisor CINDARBUMI, FESTIAN NIDN0709068903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4163 |