KHOLIL, AENUR ROHMAD (2023) EXPLORING LISTENING STRATEGIES APPLIED BY EFL LEARNERS IN LISTENING CLASS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER (1).pdf
Download (106kB)
AWALAN (2).pdf
Download (779kB)
CHAPTER I.pdf
Download (509kB)
CHAPTER II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (533kB) | Request a copy
CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB) | Request a copy
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB) | Request a copy
CHAPTER V.pdf
Download (456kB)
References.pdf
Download (498kB)
APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kelas Listening merupakan kelas yang penting untuk dipelajari, karena Listening merupakan mata pelajaran utama dari 4 komponen bahasa Inggris yang terdiri dari Listening, Speaking, Reading dan Writing. Diantara komponen-komponen tersebut, mendengarkan merupakan hal yang paling penting untuk dipelajari, karena mendengarkan merupakan alat komunikasi yang utama ketika kita berada di lingkungan sosial, dengan mendengarkan orang. Jika tidak, kita bisa memahami maksud orang yang berbicara kepada kita. selain itu pelajaran mendengarkan juga penting bagi siswa tetapi sulit untuk dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Strategi Eksplorasi yang Diterapkan oleh Pembelajar EFL di Kelas Mendengarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh siswa EFL di kelas mendengarkan. Adapun rumusan masalahnya, strategi apa yang digunakan oleh siswa EFL di kelas listening? dan apa saja tantangan dan kendala yang dihadapi siswa EFL ketika menggunakan strategi listening di kelas listening? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. penggunaan metode ini sesuai dengan tujuan penelitian untuk mengetahui strategi apa yang digunakan siswa EFL dalam kelas listening. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan refleksi jurnal. kuesioner diisi oleh 15 mahasiswa EFL dari berbagai semester dan jurnal reflektif diisi oleh 5 mahasiswa EFL. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dari 6 strategi peneliti menemukan bahwa semua strategi digunakan oleh siswa EFL, selain itu kendala yang dihadapi siswa EFL antara lain pemahaman bahasa, kata asing, penggunaan aksen, tidak ada motivasi, kelas membosankan situasi. . dan diantara strategi yang paling banyak digunakan oleh siswa EFL adalah strategi memori dan strategi kognitif, sedangkan strategi yang jarang digunakan adalah Strategi Kompensasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kendala yang paling umum dalam pembelajaran mendengarkan ditemui oleh siswa penelitian yang mengalami kesulitan dalam memahami bahasa yang digunakan dalam materi mendengarkan, sehingga mereka menggunakan strategi memori dan strategi kognitif. dan dari kedua strategi ini banyak siswa EFL yang dapat menggunakannya untuk membantu dalam kelas listening.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Listening, Halangan di Kelas Listening, Pelajar EFL |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | AENUR ROHMAD KHOLIL |
Date Deposited: | 16 Sep 2023 09:16 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 09:16 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor LESTARI, IIN WIDYA NIDN07161118901 Thesis advisor WAFA, KHOIRUL NIDN0727038705 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4152 |