PENGEMBANGAN POP UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Saroir, Iqbalus (2023) PENGEMBANGAN POP UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Matematika dalam dunia pendidikan menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan. Matematika dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) mempunyai peranan penting sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara proses belajar yang bisa memudahkan siswa dalam memahami sebuah materi. Pop up book menjadi salah satu media pembelajaran yang bisa di gunakan pada pelajaran matematika. Berdasarkan wawancara yang dilakukan di MTs Abu Darrin ditemukan permasalahan media yang pembelajaran yang digunakan terbatas pada buku LKS dan penggunaan proyektor. Berdasarkan hal tersebut diperlukan media Pop Up Book untuk pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dari media Pop Up Book pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk kelas IX, mengetahui kepraktisan media Pop Up Book pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. subjek dalam penelitian ini peserta didik siswa kelas IX MTs Abu Darrin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data untuk validasi ahli media dan ahli materi dan analisis data untuk praktikalitas media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pop Up Book dinyatakan valid oleh ahli media dengan presentase kevalidan sebesar 89,13%. Pop Up Book dinyatakan valid oleh ahli materi dengan presentase kevalidan 94,2%. Pop Up Book juga dinyatakan sangat praktis dengan hasil angket yang menunjukan presentase sebesar 92% .Simpulan penelitian ini adalah media Pop Up Book pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi lengkung, media Pop Up Book secara lebih jelas dapat dilihat pada link berikut https://youtu.be/RV-qR7LMA70.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: media pop up book, bangun ruang sisi lengkung, ADDIE
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbalus Saroir
Date Deposited: 15 Sep 2023 08:56
Last Modified: 15 Sep 2023 08:56
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fitri, Anisa
NIDN0719049202
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
NIDN0721059101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4147

Actions (login required)

View Item
View Item