PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD AKJAWA(AKSARA JAWA) DALAM PENGENALAN AKSARA JAWA DI MI WALISONGO SUMURPANDAN KECAMATAN SUKOSEWU BOJONEGORO

SHOLEHAH, ANIK AL MARATUS (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD AKJAWA(AKSARA JAWA) DALAM PENGENALAN AKSARA JAWA DI MI WALISONGO SUMURPANDAN KECAMATAN SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa adalah pelajaran bahasa daerah yang sudah diberikan sejak sekolah dasar. Bahasa jawa salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa dengan materi pengenalan aksara jawa. Apalagi terbatasnya jam pelajaran yang ada, menyebabkan materi aksara jawa belum bisa diajarkan secara maksimal. Maka dari itu, seorang guru harus kreatif dalam mengajar agar dapat menarik minat siswa untuk mempelajari materi pengenalan aksara jawa lebih dalam. Jadi, seorang perlu dalam melakukan perubahan dalam sarana dan prasarana pembelajaran seperti media pembelajaran yaitu dengan menggunakan Media Flash Card Akjawa dalam pembelajaran bahasa jawa. Tujuan dari pembelajaran ini untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran bahasa jawa ini supaya peserta didik dapat mengenal dan mengingat2 aksara jawa dengan lancar dan benar Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan Four-D Model yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (Pendefisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk. Penelitian ini diadaptasi sampai selesai yaitu tahap Develop (Pengembangan). Model 4-D ini dipilih karena tahapnya jelas, runtut dan sesuai dengan kebutuhan pengembangan media pembelajaran Flash Card Akjawa. Hasil Penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran bahasa jawa Flash
Card Akjawa pada materi pengenalan aksara jawa sebagai media bagi siswa untuk siswa MI Walisongo Sumurpandan. Kelayakan media dinyatakan valid oleh ahli meteri dan ahli media dan mendapat respon “Sangat Menarik” dan siswa dengan nilai 87 pada ujicoba akhir yaitu kelas besar, dan media ini efektif untuk di terapkan di proses pembelajaran setelah melalui tahap pretest dan posttest dengan nilai 87% dengan kriteria “Efektif” yang artinya media yang dikembangkan memperoleh respon sangat menarik dan efektif dalam penerapannya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Flash Card Akjawa, Bahasa Jawa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:51
Last Modified: 19 Jan 2022 06:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AMRETA, MIDYA YULI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item
View Item