ULYA, DINA ZAINANA (2020) PENANAMAN NILAI- NILAI KARAKTER KERJASAMA MELALUI PERMAINAN GOBAK SODOR DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) FALAHIYAH TANJUNGREJO, SINGGAHAN, TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (54kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (996kB)
BAB 1.pdf
Download (301kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (437kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (274kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (176kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB) | Request a copy
Abstract
Permainan Gobak sodor dalam dunia pendidikan merupan suatu yang relatif baru, hal ini dikarenakan keberhasilan penanaman nilai karakter kerjasama dengan menerapkan permainan gobak sodor untuk mencapai tujuan. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahiyah Tanjungrejo merupakan lembaga pendidikan yang kental dengan keagamaannya, lembaga tersebut termasuk lembaga pendidikan yang unggul untuk mencetak siswa-siswa berprestasi dari segi akademik maupun nin akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Permainan Gobak Sodor di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban (2) Karakter kerjasama siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban (3) Pengaruh Permaina Gobak sodor terhadap karakter kerjasama siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Milles dan Hubermen (1984), mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Ukuran kejenuhan data ditandai dengan tidak diperolehnya lagi data atau informasi baru. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode, dan ketekunan pengamatan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam penerapan kegiatan permainan gobak sodor siswa mampu bermain dengan kerjama sesama tim. (2) beberapa nilai karakter kerjasama yang telah dicapai adalah: Kerja keras, santun, percaya diri, kejujuran, disiplin, tanggung jawab, cerdas, menghargai ketertiban, peduli, kreatif, gotong royong.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Gobak Sodor, karakter kerjasama, penananaman |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:47 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 04:47 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SA’DIYAH, ZUMROTUS UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/413 |