PENANAMAN NILAI- NILAI KARAKTER KERJASAMA MELALUI PERMAINAN GOBAK SODOR DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) FALAHIYAH TANJUNGREJO, SINGGAHAN, TUBAN

ULYA, DINA ZAINANA (2020) PENANAMAN NILAI- NILAI KARAKTER KERJASAMA MELALUI PERMAINAN GOBAK SODOR DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) FALAHIYAH TANJUNGREJO, SINGGAHAN, TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (996kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Permainan Gobak sodor dalam dunia pendidikan merupan suatu yang relatif baru, hal ini dikarenakan keberhasilan penanaman nilai karakter kerjasama dengan menerapkan permainan gobak sodor untuk mencapai tujuan. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahiyah Tanjungrejo merupakan lembaga pendidikan yang kental dengan keagamaannya, lembaga tersebut termasuk lembaga pendidikan yang unggul untuk mencetak siswa-siswa berprestasi dari segi akademik maupun nin akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Permainan Gobak Sodor di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban (2) Karakter kerjasama siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban (3) Pengaruh Permaina Gobak sodor terhadap karakter kerjasama siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahiyah Tanjungrejo Singgahan Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Milles dan Hubermen (1984), mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Ukuran kejenuhan data ditandai dengan tidak diperolehnya lagi data atau informasi baru. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode, dan ketekunan pengamatan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam penerapan kegiatan permainan gobak sodor siswa mampu bermain dengan kerjama sesama tim. (2) beberapa nilai karakter kerjasama yang telah dicapai adalah: Kerja keras, santun, percaya diri, kejujuran, disiplin, tanggung jawab, cerdas, menghargai ketertiban, peduli, kreatif, gotong royong.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Permainan Gobak Sodor, karakter kerjasama, penananaman
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:47
Last Modified: 19 Jan 2022 04:47
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SA’DIYAH, ZUMROTUS
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item
View Item