ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MELALUI MEDIA ULAR TANGGA BOJONEGORO

Buana, Hani Tri (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MELALUI MEDIA ULAR TANGGA BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (976kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Literasi Matematika sangatlah Penting dan dibutuhkan agar siswa mampu menuangkan ide, membangun konsep, menalar, dan mengomunikasikan ide permasalahan matematika dengan efektif. Salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kemampuan literasi matematika siswa adalah kreativitas seorang guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Dengan bantuan media permainan ular tangga berbasis budaya daerah adalah salah satu cara agar dapat menyampaikan materi dengan baik, tidak membosankan, dan juga dapat memeberikan pengaruh positif serta menarik terhadap siswa untuk semanggat mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa melalui media permainan ular tangga berbasis budaya daerah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Unggulan Al-Falah Pacul Bojonegoro, dengan pemilihan kelas VIII sebagai subjek penelitian dengan jumlah sebanyak 19 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan tes soal, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan subjeknya dengan cara Pruposive sampling. Hasil dari tes dan wawancara yang telah dilakukan menunjukkan kemampuan literasi matematika peserta didik pada kelompok tinggi mampu memenuhi semua indikator pada level 1,2,3,4,5, dan 6. Peserta didik pada kelompok sedang mampu memenuhi indikator pada level 1, 2,3 dan 4. Peserta didik pada kelompok rendah belum mampu memenuhi salah satu dari indikator pada level 3,4,5 dan 6. Dapat disimpulkan bahwa pada level 1 dan level 2 peserta didik termasuk dalam kategori rendah, pada level 3 dan 4 masuk dalam kategori sedang, dan pada level 5 dan level 6 termasuk dalam kategori tinggi. Adapun kesulitan yang mendasar yiatu peserta didik kesulitan dalam menganalisis soal yang diberikan. Hal ini disebabkan karena kebanyakan siswa belum terbiasa dengan soal-soal yang membutuhkan nalar dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang rumit.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Media Ular Tangga, Budaya Daerah
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hani Tri Buana
Date Deposited: 15 Sep 2023 06:26
Last Modified: 15 Sep 2023 06:26
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
NIDN0721059101
Thesis advisor
Cindarbumi, Festian
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4122

Actions (login required)

View Item
View Item