NINGSIH, FITRIA DWI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK ANIMASI UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS II MI RADEN FATAH MOJOREJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER .pdf
Download (96kB)
AWALAN.pdf
Download (951kB)
BAB 1.pdf
Download (384kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (508kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (182kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (363kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Masalah yang dihadapi saat ini dalam pembelajaran tematik adalah anak-anak mudah bosan terhadap materi tematik. Pada materi kelas II tentang menyebutkan tata tertib disekolah. Rendahnya minat membaca para siswa sehingga penerapan media pembelajaran mata pelajaran Tematik perlu diterapkan di kelas II . Media Komik Animasi diharapkan dapat memberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan dalam proses pembelajaran Tematik, serta dapat menyelesaikan masalah pada proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran Komik Animasi untuk mengoptimalkan hasil belajar pada mata Pelajaran tematik siswa kelas II. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perkembangan media pembelajaran terkait dengan validitas dan respon siswa terhadap media pembelajaran yang telah di kembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Reserch and Development) dengan menggunakan pengembangan Sugiono yang terdiri dari (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes angket dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan observasi dan wawancara terhadap guru wali kelas II MI Raden Fatah Mojorejo. Hasil penelitian ini adalah hasil pengembangan media komik animasi yang dilakukan di Mi Raden Fatah Mojorejo berdasarkan pengematan dikaegorikan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari presentase hasil validasi media 87 % dengan kategori “sangat layak”. Untuk presentase hasil validasi bahasa 78 % dengan kategori “ layak digunakan”. Untuk presentase hasil validasi materi 97% dengan kategori “ sangat layak” dan untuk soal pretest and postest 81% dengan kategori “efektif digunakan”. Peserta didik merespon dengan baik dan peserta didik berantusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan komik animasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, pembelajaran tematik, komik animasi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | fitria dwi ningsih |
Date Deposited: | 16 Sep 2023 09:12 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 09:31 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor HABIBULLAH, MUHAMMAD ROMADLON NIDN2109058801 Thesis advisor ROFI'AH, FIRDA ZAKIYATUR NIDN2106089303 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4099 |