SEPTIVIANI, EINE HIDAYA (2020) PENGARUH PROGRAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BELAJAR AGAMA ISLAM DAN BERBAHASA TERHADAP KARAKTER RELIGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI(SDN) KADIPATEN II BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (179kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (350kB)
BAB 1.pdf
Download (340kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (257kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (655kB) | Request a copy
Abstract
Kegiatan keagamaan merupakan salah satu upaya membentuk Karakter religi, sehingga santrimemiliki karakter yang islami dan berbudi luhur.Dalam hal ini, kegiatan keagamaan berupa program PKB AISBER lebih menekankan keterlibatan siswa dalam proses belajaragamasecara aktif. Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuankeagamaanyang ia pelajari. Oleh karena itu,salah satu factor perkembangan karakter religius tergantung kepadaproses pendidikan yang ditempuh atau yang diterima, dalam hal ini adalah program PKB AISBER. Dengan demikian, melalui program ini diharapkan karakter religiuspeserta didik dapat terbentuk menjadi pribadi-pribadi yang berkarakter islami dan bermartabat. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan program pengembangan kemampuan belajar agama islam dan berbahasa di SDN Kadipaten II, (2) mengetahui plaksanaan program PKB AISBER di SDN Kadipaten II. Skripsiinitermasukpenelitian kuanitatif.Penelitianinimenggunakanmetodewawancara, observasidandokumentasi.Subjekpenelitianini Sdn Kadipaten II Bojonegoro.Data yang telahterkumpuldianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptif kuanitatifyaitu data yang telahterkumpulsebagaimanaadanyadisusun,diinterpretasikankemudiandianalisis, untukselanjutnyadiambilkesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: untuk mengetahui pelaksanaan program pengembangan kemampuan belajar agama islam dan berbahasa di SDN Kadipaten II, (2) mengetahui plaksanaan program PKB AISBER di SDN Kadipaten II, FaktorPendukung: Pemantauan, saranadanprasarana. Faktor Penghambat: Kurangnya Guru pengajar PKB AISBER. (3) Pengaruh program PKB AISBER terhadap karakter religi peserta didik di SDN Kadipaten II antara lain: Kejujuran, Tanggung jawab, Peduli lingkungan, Kedisiplinan dan Religius.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berakhlakul Kharimah |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 08:23 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 08:23 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor HABIBULLAH, MUHAMMAD ROMADHON UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/409 |