PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PROYEK DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DALAM MATERI ALJABAR KELAS VII SMP

Masruroh, Siti (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PROYEK DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DALAM MATERI ALJABAR KELAS VII SMP. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (929kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Terkait dengan pelaksanaan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka mengharuskan pendidik memenuhi kebutuhan peserta didik. Salah satunya dapat melalui kebutuhan sesuai dengan gaya belajar kinestetik. Untuk memenuhi kelangsungan yang telah di tetapkan oleh kemendikbut maka perlu adanya media pembelajaran yang memerlukan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika berbasis proyek untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik. penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D). Model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahapan, yaitu; define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar respon siswa terhadap modul yang di kembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dengan siswa kelas VII yang berjumlah 32 orang yang telah di kelompokkan sesuai dengan gaya belajarnya, yang di peroleh 11 peserta didik dengn gaya belajar kinestetik pada materi aljabar. Berdasarkan hasil validasi ahli media didapat bahwa modul matematika dinyatakan valid dengan skor rata-rata oleh ahli media 4,9 dan ahli materi 4,6. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap modul matematika berbasis proyek di dapat bahwa modul matematika berbasis proyek dinyatakan modul yang di kembagkan sangat layak dengan skor rata-rata 4,48.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Berbasis Proyek, Gaya Belajar Kinestetik.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Masruroh
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:44
Last Modified: 14 Sep 2023 08:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
NIDN0721059101
Thesis advisor
Ismanto, Ismanto
NIDN0709108004
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4046

Actions (login required)

View Item
View Item