Masruroh, Siti (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PROYEK DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DALAM MATERI ALJABAR KELAS VII SMP. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (202kB)
AWALAN.pdf
Download (929kB)
BAB I.pdf
Download (457kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (634kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (692kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (364kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (513kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Terkait dengan pelaksanaan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka mengharuskan pendidik memenuhi kebutuhan peserta didik. Salah satunya dapat melalui kebutuhan sesuai dengan gaya belajar kinestetik. Untuk memenuhi kelangsungan yang telah di tetapkan oleh kemendikbut maka perlu adanya media pembelajaran yang memerlukan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika berbasis proyek untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik. penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D). Model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahapan, yaitu; define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar respon siswa terhadap modul yang di kembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dengan siswa kelas VII yang berjumlah 32 orang yang telah di kelompokkan sesuai dengan gaya belajarnya, yang di peroleh 11 peserta didik dengn gaya belajar kinestetik pada materi aljabar. Berdasarkan hasil validasi ahli media didapat bahwa modul matematika dinyatakan valid dengan skor rata-rata oleh ahli media 4,9 dan ahli materi 4,6. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap modul matematika berbasis proyek di dapat bahwa modul matematika berbasis proyek dinyatakan modul yang di kembagkan sangat layak dengan skor rata-rata 4,48.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Berbasis Proyek, Gaya Belajar Kinestetik. |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Siti Masruroh |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 08:44 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 08:44 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sari, Astrid Chandra NIDN0721059101 Thesis advisor Ismanto, Ismanto NIDN0709108004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4046 |