INTEGRASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA AR RAHMAT BOJONEGORO

DARWANTO, DARWANTO (2023) INTEGRASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA AR RAHMAT BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai integrasi kurikulum pondok pesantren dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Ar Rahmat Bojonegoro. Berdasarkan judul di atas maka fokus penelitian tesis ini adalah Bagaimana integrasi kurikulum pondok pesantren dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Ar Rahmat Bojonegoro. Penelitian ini berdasarkan jenisnya termasuk kategori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, interview mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran peneliti, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Pada integrasi kurikulum ini terdapat tahap perecanaan. Guru melakukan penyusunan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan standar K-13 (Kurikulum 2013), kemudian dikembangkan oleh guru menjadi RPP pelaksanaan harian sebagai dasar dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sedangkan pembelajaran di pondok pesantren. Pengasuh pondok pesantren tidak menyusun RPP, karena materi pembelajaran di pondok pesantren sama dengan materi pembelajaran di sekolah, sehingga pengasuh pondok pesantren hanya menjabarkan secara kreatif. 2) Pada implementasi pembelajaran, guru menyusun skenario pembelajaran yang mencakup pembukaan, kegiatan inti, dan penutup pelajaran. 3) Hasil integrasi kurikulum melalui tahapan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran tidak hanya dilakukan guru tetapi juga kepala sekolah ikut berperan serta dalam kegiatan evaluasi. Tugas evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dibagi menjadi 3, yaitu evaluasi kognitif (pengetahuan), evaluasi afektif (sikap siswa/santri), dan evaluasi psikomotorik (kemampuan siswa dalam hal praktek amalan harian).

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Integrasi Kurikulum, Pondok Pesantren, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Darwanto Darwanto
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:09
Last Modified: 14 Sep 2023 08:09
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
NIDN2122037701
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4036

Actions (login required)

View Item
View Item