Zakiyah, Indah Alfi (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (191kB)
BAB I.pdf
Download (880kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (576kB) | Request a copy
BAB _III .pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (571kB) | Request a copy
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (347kB) | Request a copy
Awalan.pdf
Download (831kB)
BAB VI.pdf
Download (416kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (435kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan zaman mempengaruhi pendidika,pendidikan merupakan asset terpenting dalam mempersiapkan perkembangan zaman saat ini sehingga kemindikbudristik mempersiapakan dengan cara memperbaiki kurikulum yaitu dengan kurikulum Merdeka, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 5 Bojonegoro dimulai dari cara penerapan kurikulum Merdeka yang terdiri dari persiapan guru, pelaksanaan dan cara penelitian, kemudian permasalahan yang terjadi serta upaya-upaya yang dilakukan Pendidikan dalam islam dan Budi Pekerti. Sudah kita ketahui bahwa kurikulum Merdeka ialah kurikulum baru dengan landasan sebagai penyempurnaan dari kurikulum 2013, namun dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka ini perlu adanya penerapan terlebih dahulu bagi para guru sebelum diajarkan ke siswa.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskritif dengan mengambil objek SMP Negeri 5 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu, Kepala Sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII Serta Siswa yang paham terkait penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII SMP Negeri 5 Bojonegoro terdiri dari 3 kegiatan yang pertama ada kegiatan pendahuluan kegiatan inti kegitan dan kegiatan penutup, ditambah dengan adanya, projek P5. Dan dalam pelaksanaan memiliki 3 tahap yaitu, meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan penilaian, apa faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 5 Bojonegoro, pendukung yaitu ugulnya SDM guru dan siswa, kesiaapan kepimpinan kepala sekolah dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka, guru Penggeraknya banyak. Anak mudanya banyak, unggulnya SDM (sumber daya manusia) sehingga dari internal sangat beruntung mudah beradaptasi dan faktor penghambat yaitu, sebagian besar guru yang belum paham IT karena faktor usia, motivasi pengembangan profesionalisme secara berkelanjutan rendah. Sedangkan faktor penghambatnya di sebabkan karena latar belakang dan lingkungan sekolah dari SMP Negeri 5 Bojonegoro memiliki perbedaan pemahaman tersendiri khusus dalam mata pelajaran pendidikan agama islam juga adanya kenakalan siswa karena kurangnya motifasi dan dukungan keluarga sehingga mempengaruhi psikologi siswa yang menjadikan tingkat kedisiplinan berkurang.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, dan Budi Pekerti. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Alfi Zakiyah |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 08:23 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 08:23 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Burhanuddin, Hamam NIDN2019028601 Thesis advisor Fauziah, Zumrotul NIDN2112119203 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4031 |