PUTRI, TRISNA DESI LIANA (2023) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MEMBACA JUZ AMMA PADA PERGANTIAN PEMBELAJARAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 PURWOSARI BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (431kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (748kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (760kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (624kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (510kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (635kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Sekolah berperan penting dalam meningkatkan karakter dan membiasakan tingkah laku religius siswa, baik dalam hal pembelajaran ataupun diluar pembelajaran. Peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah masa transisi dari anak-anak menuju remaja, untuk itu pembentukan karakter sangat penting untuk membekali dalam kehidupan sehari harinya. Dalam mewujudkan pembentukan karakter religius peserta didik, maka kepala sekolah SMPN 1 Purwosari Bojonegoro menerapkan pembiasaan kegiatan membaca juz amma pada pergantian pembelajaran dalam membentuk karakter religius siswa. Sejak berdirinya SMPN 1 Purwosari sudah menerapkan pembiasaan membaca juz amma dengan membaca 1 surat sesudah apel pagi atau sebelum jam pertama dimulai. Namun berbeda dengan tahun ajaran yang dipimpin oleh Bapak Budi Santoso, S. Pd. Mat, M. Pd. Selaku kepala sekolah SMPN 1 Purwosari Bojonegoro yang mengimbau untuk anak-anak agar membaca 1 sampai 5 ayat setiap pergantian pembelajaran.
Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi pembiasaan membaca juz amma pada pergantian pembelajaran dalam membentuk karakter religius siswa (2) Adapun faktor pendukung adalah metode yang digunakan guru dalam membentuk karakter siswa kelas VII dan VIII sudah sesuai dengan metode pembiasaan, absensi atau kehadiran siswa. Faktor penghambat adalah Faktor penghambatnya tidak semua peserta didik bisa membaca Al-Qur’an dengan tartil dan malas untuk menghafalkan
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Juz Amma, Karakter Religius |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Trisna Desi Liana Putri |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 07:50 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 07:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MIFTAH, ZAINI NIDN2101067901 Thesis advisor ROIN, USMAN NIDN0728088204 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4026 |