IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MEMBACA JUZ AMMA PADA PERGANTIAN PEMBELAJARAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 PURWOSARI BOJONEGORO

PUTRI, TRISNA DESI LIANA (2023) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MEMBACA JUZ AMMA PADA PERGANTIAN PEMBELAJARAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 PURWOSARI BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (748kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah berperan penting dalam meningkatkan karakter dan membiasakan tingkah laku religius siswa, baik dalam hal pembelajaran ataupun diluar pembelajaran. Peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah masa transisi dari anak-anak menuju remaja, untuk itu pembentukan karakter sangat penting untuk membekali dalam kehidupan sehari harinya. Dalam mewujudkan pembentukan karakter religius peserta didik, maka kepala sekolah SMPN 1 Purwosari Bojonegoro menerapkan pembiasaan kegiatan membaca juz amma pada pergantian pembelajaran dalam membentuk karakter religius siswa. Sejak berdirinya SMPN 1 Purwosari sudah menerapkan pembiasaan membaca juz amma dengan membaca 1 surat sesudah apel pagi atau sebelum jam pertama dimulai. Namun berbeda dengan tahun ajaran yang dipimpin oleh Bapak Budi Santoso, S. Pd. Mat, M. Pd. Selaku kepala sekolah SMPN 1 Purwosari Bojonegoro yang mengimbau untuk anak-anak agar membaca 1 sampai 5 ayat setiap pergantian pembelajaran.
Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi pembiasaan membaca juz amma pada pergantian pembelajaran dalam membentuk karakter religius siswa (2) Adapun faktor pendukung adalah metode yang digunakan guru dalam membentuk karakter siswa kelas VII dan VIII sudah sesuai dengan metode pembiasaan, absensi atau kehadiran siswa. Faktor penghambat adalah Faktor penghambatnya tidak semua peserta didik bisa membaca Al-Qur’an dengan tartil dan malas untuk menghafalkan

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Juz Amma, Karakter Religius
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Trisna Desi Liana Putri
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:50
Last Modified: 14 Sep 2023 07:50
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
NIDN2101067901
Thesis advisor
ROIN, USMAN
NIDN0728088204
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item
View Item