PENERAPAN MINIMUM SPANNING TREE PADA HASIL STUDI MATEMATIKA KELAS VIII SEMESTER 1 DI MTs SALAFIYAH DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA KOMBINASI (PRIM-KRUSKAL)

KABIB, DAVID AL NURUL HUDA ABDUL (2023) PENERAPAN MINIMUM SPANNING TREE PADA HASIL STUDI MATEMATIKA KELAS VIII SEMESTER 1 DI MTs SALAFIYAH DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA KOMBINASI (PRIM-KRUSKAL). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER .pdf] Text
COVER .pdf

Download (67kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5).pdf] Text
bab 5).pdf

Download (362kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan Minimum Spanning Tree (MTs) pada hasil belajar matematika kelas VIII semester 1 di MTs Salafiyah Prambontergayang dengan menggunakan algoritma kombinasi (prim-kruskal). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencari materi yang mendominasi dan materi yang sangat mempengaruhi materi lainnya dalam pelajaran matematika.
Penelitian dilakukan dengan metode deduktif aksiomatik, yang melibatkan penurunan aksioma atau teorema yang telah ada dan menerapkannya dalam penggambaran graf pada MST hasil belajar matematika ganjil semester tahun akademik 2022/2023 di MTs Salafiyah. Analisis dilakukan terhadap hubungan antar materi seperti teorema Pythagoras, relasi dan fungsi, trigonometri, dan materi lingkaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan algoritma kombinasi (prim-kruskal) pada MST dapat membantu guru dalam mengaitkan hubungan antar materi pada proses KBM (kegiatan belajar mengajar) dan pada soal yang diujiankan. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan mencari inovasi metode pembelajaran yang dapat membantu menyembunyikan siswa yang memiliki kemampuan sedang dan membantu siswa yang memiliki kemampuan lebih. Bagi guru, disarankan untuk selalu menunjukkan hubungan antara suatu materi satu dengan materi lainnya dalam pelajaran matematika sehingga siswa dapat lebih memahami materi secara menyeluruh. Dengan demikian, penerapan MST dengan algoritma kombinasi (prim-kruskal) dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan spanning tree,algoritma kombinasi,hasil studi matematika
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: DAVID DAVID AL NURUL HUDA ABDUL KABIB
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:27
Last Modified: 14 Sep 2023 06:27
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fathoni, M. ARIFUL
NIDN0705019103
Thesis advisor
Kurniawati, NANING
NIDN0718098503
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4017

Actions (login required)

View Item
View Item