IMPLEMENTASI METODE UMMI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI MADRASAH DINIYAH AL-KHOLIL DESA SUMBERARUM KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

ARUM, DENIK PUSPITA (2023) IMPLEMENTASI METODE UMMI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI MADRASAH DINIYAH AL-KHOLIL DESA SUMBERARUM KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy

Abstract

Banyak metode yang diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Sebuah metode sangat berpengaruh untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Metode yang tepat dan guru yang maksimal penguasaan suatu metode akan berdampak maksimal pada tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran Al-Qur’an kemampuan membaca anak-anak saat ini masih banyak yang terbata-bata dan belum bisa menerapkan kaidah tajwid yang benar. Hal itu dikarenakan belum ada metode yang tepat yang digunakan sehingga masih monoton. Hal ini yang terjadi di Madrasah Diniyah Al-Kholil Desa Sumberarum Kecamatan Dander. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi metode ummi pada pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Al-Kholil dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : (1) Penerapan metode ummi di Madrasah Diniyah Al-Kholil difokuskan pada tingkat Al-Qur’an saja karena santri membaca Al-Qur’an nya monoton, tidak sesuai dengan panjang pendek, akhirnya metode ummi diterapkan karena pengajaran pembelajarannya menggunakan nada rost sehingga tidak monoton dan menyenangkan bagi santri (2) Penerapan metode ummi belum maksimal di Madrasah Diniyah Al-Kholil karena waktu yang sangat terbatas dalam pembelajaran Al-Qur’an

Kata Kunci : Implementasi Metode Ummi, Pembelajaran Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi metode ummi, pembelajaran Al-Qur'an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Denik Puspita Arum
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:31
Last Modified: 14 Sep 2023 04:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BURHANUDDIN, HAMAM
NIDN2109028601
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
NIDN2112119203
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3989

Actions (login required)

View Item
View Item