PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE EDUTAINMENT PEMBIASAAN BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEFOKUSAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTIS) DI SLB NEGERI SUMBANG BOJONEGORO

SOLIKHAH, SADATUS (2023) PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE EDUTAINMENT PEMBIASAAN BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEFOKUSAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTIS) DI SLB NEGERI SUMBANG BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, penanaman nilai pendidikan agama Islam adalah suatu upaya lembaga pendidikan dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam atau ajaran agama Islam sebagai pedoman hidup kedepannya agar menjadi manusia yang beriman, berakhlak dan bertakwa kepada Tuhannya. Penanaman nilai pendidikan agama Islam juga sangat penting bagi anak berkebutuhan khusus bukan hanya anak normal pada umumnya, karena guna menumbuhkan keimanan dalam dirinya.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi dilapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penanaman nilai pendidikan agama Islam terhadap anak berkebutuhan khusus autis melalui metode edutainment pembiasaan berkelompok guna meningkatkan kefokusan peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas II karena lebih dominan anak autis didalam kelas tersebut,dan wali murid anak penyandang autis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan pengambilan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai pendidikan agama Islam terhadap anak berkebutuhan khusus autis bertujuan agar menjadikan anak berkebutuhan khusus autis memiliki akhlakul karimah dan menjadi manusia yang taat kepada Tuhannya. Penanaman nilai pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus autis menggunakan metode edutainment pembiasaan berkelompok, guna lebih meningkatkan kefokusan terhadap anak autis ketika dalam pembelajaran. Dalam penanaman nilai pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus autis juga melalui kegiatan program sekolah seperti: pembiasaan sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah, memperingati hari maulid nabi, mengikuti kegiatan pondok ramadhan di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai Pendidikan Agama Islam, Edutainment, Autis
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sadatus Solikhah Solikhah
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:09
Last Modified: 14 Sep 2023 02:09
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
IZZA, YOGI PRANA
NIDN0731127601
Thesis advisor
ROZI, FAHRU
NIDN2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3972

Actions (login required)

View Item
View Item