EFL STUDENTS' EXPERIENCE ON USING TIKTOK APPLICATION FOR LEAARNING ENGLISH

SANTI, HESTI LARAS (2023) EFL STUDENTS' EXPERIENCE ON USING TIKTOK APPLICATION FOR LEAARNING ENGLISH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1-1.pdf] Text
BAB 1-1.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

“Media sosial benar-benar berdampak dalam proses belajar mengajar. Salah satu aplikasi populer adalah TikTok. TikTok menjadi aplikasi yang paling sering diakses untuk berbagai tujuan. Salah satunya adalah belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengalaman siswa Bahasa Inggris dalam menggunakan TikTok untuk belajar Bahasa Inggris. (2) untuk mengeksplorasi keterampilan bahasa Inggris apa yang diperoleh siswa dalam menggunakan aplikasi TikTok. (3) untuk mengetahui keuntungan dan tantangan yang dirasakan siswa dalam menggunakan Aplikasi TikTok untuk belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai metode penelitian. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa dari berbagai jurusan dan universitas pada semester 2 sampai 8 yang sedang dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Sebanyak 30 mahasiswa dari 20 jurusan dari 18 universitas berbeda mengisi kuesioner dan 11 mahasiswa terpilih sebagai narasumber. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa sebanyak 100% siswa mempunyai pengalaman positif menggunakan TikTok untuk belajar bahasa Inggris dan peserta memperoleh beberapa keterampilan seperti listening, menambah kosa kata, dan pronunciation. Namun belajar bahasa Inggris dengan menggunakan TikTok juga mempunyai kendala dan tantangan seperti kendala jaringan internet, kuota internet, dan konten yang tidak pantas.”

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: EFL Students, Learning English, Social media, TikTok
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 425 Tata bahasa bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hesti Laras Santi
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:41
Last Modified: 14 Sep 2023 03:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
LESTARI, IIN WIDYA
NIDN0716118901
Thesis advisor
ZUMRUDIANA, AINU
NIDN0722128605
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3965

Actions (login required)

View Item
View Item