THE EFFECTIVENESS OF THINK-PAIR-SHARE ON STUDENTS' READING ABILITY IN RECOUNT TEXTS

ULFA, NUNUNG MAS ADATUL (2023) THE EFFECTIVENESS OF THINK-PAIR-SHARE ON STUDENTS' READING ABILITY IN RECOUNT TEXTS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover-1.pdf] Text
cover-1.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (983kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Think-Pair-Share lebih efektif daripada metode konvensional terhadap kemampuan membaca siswa dalam teks recount dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Think-Pair-Share dibandingkan dengan metode konvensional terhadap kemampuan membaca siswa dalam teks recount di MTS. Soko Tarbiyatul Islam. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Peneliti memilih metode tersebut karena ingin mengetahui pengaruh think-pair-share terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa. Rumusan masalahnya adalah: ―Apakah Think-Pair-Share lebih efektif daripada metode konvensional terhadap kemampuan membaca siswa‖ . Untuk menjawab rumusan masalah yang berkaitan dengan tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes membaca dalam bentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan melalui pretest dan posttest kuantitatif digunakan terlebih dahulu ditabulasikan dan dianalisis dalam program spss 16.0 for windows. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Tarbiyatul Islam Soko. Jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Peneliti menggunakan teknik purposive sample dalam penelitian ini yang terdiri dari dua kelas yaitu 29 siswa VIII-A dan 29 siswa VIII-B. Hasil data menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara nilai posttest siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen adalah 75,69 dan rata-rata skor post-test kelompok kontrol adalah 47,41. Besarnya selisih rata-rata adalah 28,276. Nilai posttest independent t-test nilai signifikansi (sig 2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dari statistik ukuran efek dengan eta kuadrat, peneliti menemukan bahwa nilai eta kuadrat adalah (0,52). Nilai eta squared yang diperoleh menunjukkan effect size yang sangat besar. Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Think-Pair-Share berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa kelas MTS Tarbiyatul Islam Soko.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Reading Ability, Think Pair Share, Recount Text
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nunung Mas Adatul Ulfa
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:48
Last Modified: 14 Sep 2023 02:48
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fatoni, Mohammad
NIDN0710038503
Thesis advisor
Wafa, Khoirul
NIDN0727038705
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3962

Actions (login required)

View Item
View Item