ULFA, NUNUNG MAS ADATUL (2023) THE EFFECTIVENESS OF THINK-PAIR-SHARE ON STUDENTS' READING ABILITY IN RECOUNT TEXTS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover-1.pdf
Download (121kB)
Awalan.pdf
Download (983kB)
BAB I.pdf
Download (462kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (578kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (668kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (452kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (517kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Think-Pair-Share lebih efektif daripada metode konvensional terhadap kemampuan membaca siswa dalam teks recount dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Think-Pair-Share dibandingkan dengan metode konvensional terhadap kemampuan membaca siswa dalam teks recount di MTS. Soko Tarbiyatul Islam. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Peneliti memilih metode tersebut karena ingin mengetahui pengaruh think-pair-share terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa. Rumusan masalahnya adalah: ―Apakah Think-Pair-Share lebih efektif daripada metode konvensional terhadap kemampuan membaca siswa‖ . Untuk menjawab rumusan masalah yang berkaitan dengan tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes membaca dalam bentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan melalui pretest dan posttest kuantitatif digunakan terlebih dahulu ditabulasikan dan dianalisis dalam program spss 16.0 for windows. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Tarbiyatul Islam Soko. Jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Peneliti menggunakan teknik purposive sample dalam penelitian ini yang terdiri dari dua kelas yaitu 29 siswa VIII-A dan 29 siswa VIII-B. Hasil data menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara nilai posttest siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen adalah 75,69 dan rata-rata skor post-test kelompok kontrol adalah 47,41. Besarnya selisih rata-rata adalah 28,276. Nilai posttest independent t-test nilai signifikansi (sig 2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dari statistik ukuran efek dengan eta kuadrat, peneliti menemukan bahwa nilai eta kuadrat adalah (0,52). Nilai eta squared yang diperoleh menunjukkan effect size yang sangat besar. Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Think-Pair-Share berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa kelas MTS Tarbiyatul Islam Soko.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reading Ability, Think Pair Share, Recount Text |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Nunung Mas Adatul Ulfa |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 02:48 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 02:48 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fatoni, Mohammad NIDN0710038503 Thesis advisor Wafa, Khoirul NIDN0727038705 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3962 |