ANALISIS VARIASI CELAH BUSI DAN JENIS BUSI TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG MOTOR SUPRA X 125 FI

KAHID, HUS (2023) ANALISIS VARIASI CELAH BUSI DAN JENIS BUSI TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG MOTOR SUPRA X 125 FI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi pada kendaraan bermotor untuk meningkatkan performa mesin bisa didapatkan dengan memaksimalkan pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Hal ini dapat dilakukan dengan memaksimalkan kinerja dari percikan bunga api dari busi agar campuran bahan bakar dan udara bisa terbakar dengan sempurna. Pembakaran yang sempurna akan menyebabkan kinerja motor menjadi meningkat. Meningkatnya performa sepeda motor dipengaruhi oleh celah elektroda busi. Metode pengujian yang dilakukan menggunakan celah elektroda busi 0,70 mm, 0,80 mm, 0,90 mm, 1 mm pada putaran 1500 sampai 7500 rpm, terhadap Daya, terhadap Torsi mesin. Pada hasil pengujian Torsi (N.m), Daya (Watt), pada kinerja mesin 4 langkah Honda Supra x 125 fi dengan menggunakan 4 variasi celah elektroda busi didapat hasil Celah Elektroda Busi 0,80 mm untuk Torsi tertinggi dengan besar Torsi 10,16 N.m pada putaran mesin 3500 rpm, Sedangkan pada daya tertinggi di dapat di putaran mesin 7500 rpm.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Motor Bakar, Busi Standar, Busi iridium, , Dynotest, Pengaruh Variasi Celah Busi Terhadap Daya, Torsi Air fuell ratio, Gas Analizer
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 515 Analisis
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Mesin
Depositing User: Hus kahid
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:53
Last Modified: 15 Sep 2023 02:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sulistiawan, Agus
NIDN0724099101
Thesis advisor
Ardianti, Aprillia Dwi
NIDN0726048902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3960

Actions (login required)

View Item
View Item