FADHILAH, LAELATUL (2023) KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PADA SISWA MTs MIFTAHUL ULUM SITIAJI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (47kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (350kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (613kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (310kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (331kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini didasari oleh sebuah permasalahan yang banyak dialami remaja yaitu self confidence, salah satunya adalah tingkat self confidence pada siswa MTs Miftahul Ulum Sitiaji. Berdasarkan hasil studi pendahuluan bersama guru BK rendahnya self confidence atau kepercayaan diri siswa ditunjukkan dengan adanya interaksi yang pasif dari sebagian siswa dikelas ketika jam pelajaran, tidak bersedia ditunjuk mengikuti lomba dengan alasan malu, kemudian ditambah dengan siswa menolak maju kedepan kelas karena merasa tidak percaya diri meskipun hanya sekedar membaca. Dengan adanya permasalahan di Sekolah tersebut maka peneliti mempunyai tujuan untuk meningkatkan self confidence siswa dengan menerapkan teknik self instruction. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan Pre-Experimental Design dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 15 siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dan diberikan treatment selama 7 pertemuan yaitu pemberian pretest kemudian treatment selama 5 pertemuan dan posttest. Berdasarkan hasil pretest dengan kategorisasi rendah dengan jumlah 15 siswa memiliki hasil rata-rata 59% dan hasil posttest diperoleh dari 15 siswa, tingkat self confidence terdapat 6 siswa dengan kategori tinggi dan 9 siswa dengan kategori sedang dengan presentase 76%, terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil rata-rata pretest dan posttest dengan selisih 17% dibuktikan dengan hasil uji Pired T-test yang memiliki nilai signifikansi (2-tailed) p = 0.000 < 0.05 dengan arti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik self instruction efektif untuk meningkatkan self confidence pada siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Confidence, Self Instruction, Bimbingan Kelompok |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Laelatul Fadhilah |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 02:30 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 02:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SRIANTURI, YANUARI NIDN0717019401 Thesis advisor EFENDI, MOH. YUSUF NIDN0706018902 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3946 |