EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING BERBASIS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI AGRESI VERBAL SISWA MTs ISLAMIYAH MALO

Parwati, Parwati (2023) EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING BERBASIS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI AGRESI VERBAL SISWA MTs ISLAMIYAH MALO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (771kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Agresi verbal merupakan kecenderungan untuk menyerang orang lain atau memberi stimulus yang merugikan dan menyakitkan orang lain secara verbal seperti melukai dan menyakiti orang lain melalui verbal. Agresi verbal merupakan masalah serius yang berdampak negatif bagi kesehatan mental. Agresi verbal memiliki 4 aspek yaitu (1) agresi verbal aktif langsung (2) agresi erbal aktif tidak langsung (3) agresi verbal pasif langsung (4) agresi verbal pasif tidak langsung. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Islamiyah Malo dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan konseling individu dengan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi agresi verbal siswa. Jenis penelitian ini adalah preeksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan instrumen agresi verbal, observasi dan wawancara, teknik purposif sampling untuk memilih 3 sampel dari 70 responden yang akan di beri layanan konseling individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas Shapirrow-Wilk, uji homogenitas dan uji paired sampel t test. Berdasarkan hasil uji paired sampel t-test diketahui nilai sig. (2 tabiled) sebesar 0,020 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha di terima yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Penelitian konseling individu teknik cognitive restructuring terbukti efektif untuk mengurangi agresi verbal siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Cognitive Behavior Theraphy, Cognitive Restructuring, Agresi Verbal
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Parwati parwati
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:27
Last Modified: 13 Sep 2023 06:27
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Setyoningsi, Yunita Dwi
NIDN0710068404
Thesis advisor
Ayu Distira, Riski Putra
NIDN0702019301
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3918

Actions (login required)

View Item
View Item