AINI, NUR (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SIMBOLIC MODELLING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMA/MA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
![[thumbnail of Cover.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (292kB)
![[thumbnail of Awalan.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Awalan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (433kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (593kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (602kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (410kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (635kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
Abstract
Masa remaja umumnya merupakan masa peralihan yang meliputi semua aspek perkembangan baik psikis, fisik, maupun psikososial. Masa transisi ini mengarah pada perubahan perilaku yang cepat, krisis identitas dan emosi yang kuat. Keadaan tersebut dapat menyebabkan remaja mengalami kegagalan dalam menyelesaikan masalahnya. Pada masa ini sebagian besar remaja memiliki self-esteem yang rendah. Self-esteem merupakan bagaimana cara individu merasakan dan memandang dirinya sendiri yang berpengaruh ke dalam perilaku sehari-hari baik. Remaja yang memiliki self-esteem rendah tidak dapat menggambarkan dan mengevaluasi dirinya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah panduan model bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modelling dalam membantu siswa meningkatkan self-esteem. Teknik symbolic modelling merupakan model pembelajaran berupa penokohan model melalui gambar, vidio, atau audio yang dapat mempengaruhi individu untuk meniru tingkah laku model yang disajikan. Teknik symbolic modelling dilakukan 90 menit pada tiap pertemuannya. Hasil analisis kuisioner yang dibagikan di tiga sekolah dengan kecamatan berbeda di Bojonegoro terdapat 4 siswa memiliki self-esteem sangat rendah dengan presentase 5%. 50 siswa memiliki tingkat self-esteem rendah dengan presentase 62,5%. 15 siswa memiliki tingkat self-esteem tinggi dengan presentase 18,75% dan 11 siswa memiliki tingkat self-esteem sangat tinggi dengan presentase 13,75%.Hasil buku panduan ini telah dilakukan uji terhadap tiga uji ahli yaitu ahli bimbingan konseling, ahli media, dan calon pengguna produk. Berdasarkan penilaian dari tiga uji ahli tersebut bahwa buku panduan pelatihan bimbingan kelompok teknik symbolic modelling adalah sangat berguna, sangat menarik, sangat layak dan sangat tepat untuk membantu meningkatkan self-esteem siswa SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Symbolic Modelling, Self Esteem |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | NUR AINI |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 05:53 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 05:53 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CAHYANINGRUM, VESTI DWI NIDN0715049401 Thesis advisor SRIANTURI, YANUARI NIDN0717019401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3909 |