WAFIYAH, ADIK KHUSNUL (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (266kB)
AWALAN.pdf
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (755kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16MB) | Request a copy
Abstract
Literasi adalah salah satu dari tiga peningkatan indikator oleh pemerintah dalam menerapkan kebijakan pendidikan. Berdasarkan hasil PISA 2018 bidang matematika, Indonesia berada pada posisi 72 dengan skor rata-rata 379 dari 77 negara yang berpasrtisipasi dalam survei tersebut. OECD berpendapat bahwa rendahnya peringkat dan skor rata-rata Indonesia pada PISA 2018 disebabkan oleh kurangnya kemampuan literasi matematis peserta didik, sehingga diperlukan alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika, yaitu pembelajaran matematika realistik. Berdasarkan karakteristik PMR, pembelajaran dapat dimodifikasi dengan menggunakan unsur budaya yang menghubungkan pembelajaran matematika dengan budaya yang disebut “Etnomatematika”. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika siswa pada materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Unggulan Al-Falah, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling sehingga terpilih kelas VII A yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui dokumentasi dan lembar tes kemampuan literasi matematika. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yang meliputi uji normalitas, uji hipotesis (uji paired sample t-test), dan uji N-Gain dengan menggunakan program aplikasi statistic SPSS versi 26 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil uji normalitas Shapiro-wilk pada hasil pretest dan posttest diperoleh nilai P-value (Sig.) 0,072 dan 0,064 yang mana niai P-value (Sig.) tersebut lebih dari 0,05 yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan perhitungan gain score diperoleh nilai sebesar 0,6391. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran realistik berbasis etnomatematika memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi matematika siswa dengan kategori peningkatannya adalah “Sedang”.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Realistik, Etnomatematika, Kemampuan Literasi Matematika, Segiempat dan Segitiga |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ADIK KHUSNUL WAFIYAH |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 05:41 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 05:41 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FITRI, ANISA NIDN0719049220 Thesis advisor ISMANTO, ISMANTO NIDN0709108004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3902 |