PENGEMBANGAN MODUL PENYAJIAN DATA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS VII

Serliana, Eka Nunung (2023) PENGEMBANGAN MODUL PENYAJIAN DATA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS VII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of AWALAN...pdf] Text
AWALAN...pdf

Download (755kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan karena kurangnya fasilitas penunjang belajar siswa sehingga peneliti melakukan penelitian dengan tujuan mengembangkan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi penyajian data kelas VII . Pengembangan modul tersebut dilakukan agar dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran maupun belajar secara mandiri yang dapat dijadikan referensi dalam menyelesaikan soal-soal yang mengandung sebuah permasalahan dalam ada dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu, Analysis (Analisis) yaitu tahap mencari suatu permasalahan dan solusi yang tepat dalam masalah tersebut. Design (Perancangan) adalah tahap menyusun kerangka bahan ajar, Development (Pengembangan) adalah tahap menyusun serta memvalidasi bahan ajar, Implementation (Implementasi) adalah tahap mengujicobakan bahan ajar, Evaluation (Evaluasi) adalah evaluasi dari angket yang telah diberikan kepada siswa.
Dari hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi mendapat persentase 90% dengan kategori “sangat valid” dan ahli media mendapat persentase 89% dengan kriteria “sangat valid”. Berdasarkan hasil angket respon siswa mendapatkan hasil persentase 83,28% yang termasuk kriteria “sangat praktis”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul penyajian data berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis ini praktis atau layak digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Penyajian data, ADDIE, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eka Nunung Serliana
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:39
Last Modified: 13 Sep 2023 07:39
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kurniawati, Naning
NIDN0718098503
Thesis advisor
Fitri, Anisa
NIDN0719049202
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3901

Actions (login required)

View Item
View Item