PERAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISTEM FULL DAY SCHOOL MINU UNGGULAN SUKOREJO BOJONEGORO

SUKUR, MOHAMMAD ABU (2020) PERAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISTEM FULL DAY SCHOOL MINU UNGGULAN SUKOREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (963kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kehidupan bersosial merupakan sesuatu yang tidak dapat di hindarkan oleh setiap manusia. Hal ini merupakan sesuatu yang mestahil untuk di hindarkan. Sehingga orang tua juga perlu mengatur waktu anak dalam bersosial dan belajar agar tidak ter diskriminasi diantara keduanya, dilain hal Bimbingan juga di perlukan dalam menunjang pemahaman siswa dalam materi pembelajaran di sekolah MINU Unggulan Sukorejo Bojonegoro, merupan lembaga Pendidikan ang menerapkan sistem Full Day School, sehingga membutuhkan waktu lebih banyak di lingkungan sekolah Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kehidupan siswa dalam bersosisal dengan teman sebayanya antara berada di sekolah bersistem Full Day School dengan bimbingan belajar. Permasalahan yang muncul dalam kegiatan tersebut adalah kesempatan interaksi sosial dengan teman sebayanya. Sebagai upaya untuk menjawab hal tersebut maka dilakukanlah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan bimbingan belajar terhadap kehidupan sosial dengan sebaya. manajemen waktu yang di gunakan orangtua dalam mengatur waktu anak diantara Full Day School dan juga , serta hambatan dan solusi dalam pelaksanaan bimbingan belajar terhadap pembelajaran di Full Day School di MINU Uggulan Sukorejo Bojonegoro, Metode yang di gunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, dan wawncara. Informan pada penelitian ini meliputi siswa, orang tua siswa, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan Kehadiran bimbingan belajar dengan pengelompokan dengan teman sebayanya (teman bermain) membawa peran positif bagi siswa, dengan begitu menciptakan kelompok belajar yang saling membantu dalam pemahaman materi pembelajaran tanpa mengurangi interaksi sosial dengan teman sebayanya. Terbatasnya waktu merupakan hambatan utama dalam penerapan bimbingan belajar serta kebutuhan dalam bersosial (bermain dengan teman sebaya). Kehadiran orang tua dalam mendampingi anaknya dalam mengatur waktu merupakan solusi yang tepat

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran bimbingan belajar, Kehidupan sosial dengan teman sebaya,Sistem Full Day School
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:52
Last Modified: 11 Jan 2022 03:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item
View Item