SUKUR, MOHAMMAD ABU (2020) PERAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISTEM FULL DAY SCHOOL MINU UNGGULAN SUKOREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (71kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (963kB)
BAB 1.pdf
Download (319kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (169kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kehidupan bersosial merupakan sesuatu yang tidak dapat di hindarkan oleh setiap manusia. Hal ini merupakan sesuatu yang mestahil untuk di hindarkan. Sehingga orang tua juga perlu mengatur waktu anak dalam bersosial dan belajar agar tidak ter diskriminasi diantara keduanya, dilain hal Bimbingan juga di perlukan dalam menunjang pemahaman siswa dalam materi pembelajaran di sekolah MINU Unggulan Sukorejo Bojonegoro, merupan lembaga Pendidikan ang menerapkan sistem Full Day School, sehingga membutuhkan waktu lebih banyak di lingkungan sekolah Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kehidupan siswa dalam bersosisal dengan teman sebayanya antara berada di sekolah bersistem Full Day School dengan bimbingan belajar. Permasalahan yang muncul dalam kegiatan tersebut adalah kesempatan interaksi sosial dengan teman sebayanya. Sebagai upaya untuk menjawab hal tersebut maka dilakukanlah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan bimbingan belajar terhadap kehidupan sosial dengan sebaya. manajemen waktu yang di gunakan orangtua dalam mengatur waktu anak diantara Full Day School dan juga , serta hambatan dan solusi dalam pelaksanaan bimbingan belajar terhadap pembelajaran di Full Day School di MINU Uggulan Sukorejo Bojonegoro, Metode yang di gunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, dan wawncara. Informan pada penelitian ini meliputi siswa, orang tua siswa, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan Kehadiran bimbingan belajar dengan pengelompokan dengan teman sebayanya (teman bermain) membawa peran positif bagi siswa, dengan begitu menciptakan kelompok belajar yang saling membantu dalam pemahaman materi pembelajaran tanpa mengurangi interaksi sosial dengan teman sebayanya. Terbatasnya waktu merupakan hambatan utama dalam penerapan bimbingan belajar serta kebutuhan dalam bersosial (bermain dengan teman sebaya). Kehadiran orang tua dalam mendampingi anaknya dalam mengatur waktu merupakan solusi yang tepat
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran bimbingan belajar, Kehidupan sosial dengan teman sebaya,Sistem Full Day School |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 03:52 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 03:52 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/390 |