PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ALAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MI PLUS DAARUL MUNJIYAT DAN SD ALAM EL- YAMIEN TUBAN

ARISKA (2023) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ALAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MI PLUS DAARUL MUNJIYAT DAN SD ALAM EL- YAMIEN TUBAN. Magister (S2) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (928kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran berbasis alam yaitu model pembelajaran yang memanfaatkan alam, memelihara alam, dan model pembelajarannyya berprinsip tentang alam dengan menggunakan media yang ada disekitar lingkungan alam. Melalui konsep pembelajaran dengan alam siswa dapat belajar sambil bermain dengan menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan. Dengan demikian, siswa merasa nyaman dan senang berlama- lama belajar di sekolah. Secara umum, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep dan implementasi Pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam membentuk karakter siswa di MI Plus Daarul Munjiyat Bektiharjo dan SD Alam El- Yamien Tuban, dengan fokus penelitian tentang: (1) Bagaimana konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam membentuk karakter di MI Plus Daarul Munjiyat dan SD Alam El- Yamien Tuban, dan (2) Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam membentuk karakter siswa di MI Plus Daarul Munjiyat Bektiharjo dan SD Alam El- Yamien Tuban.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan, triangulasi, dan pengecekkan teman sejawat.
Hasil penelitian ini dalam konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam membentuk karakter menjadikan pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan. Karena konsep pembelajarannya bermain sambal belajar dengan mengintegrasikan empat konsep yaitu akhlak, sains, leadership, dan bisnis. Sedangkan dalam implementasinya pembelajaran berbasis alam menggunakan model pembelajaran yang lebih banyak memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Berbasis Alam, Membentuk Karakter Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ariska
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:56
Last Modified: 16 Sep 2023 02:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
NIDN731127600
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
NIDN2109028600
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3878

Actions (login required)

View Item
View Item