ARISKA (2023) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ALAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MI PLUS DAARUL MUNJIYAT DAN SD ALAM EL- YAMIEN TUBAN. Magister (S2) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
cover.pdf
Download (141kB)
AWALAN.pdf
Download (928kB)
BAB I.pdf
Download (432kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (563kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (273kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (284kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran berbasis alam yaitu model pembelajaran yang memanfaatkan alam, memelihara alam, dan model pembelajarannyya berprinsip tentang alam dengan menggunakan media yang ada disekitar lingkungan alam. Melalui konsep pembelajaran dengan alam siswa dapat belajar sambil bermain dengan menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan. Dengan demikian, siswa merasa nyaman dan senang berlama- lama belajar di sekolah. Secara umum, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep dan implementasi Pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam membentuk karakter siswa di MI Plus Daarul Munjiyat Bektiharjo dan SD Alam El- Yamien Tuban, dengan fokus penelitian tentang: (1) Bagaimana konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam membentuk karakter di MI Plus Daarul Munjiyat dan SD Alam El- Yamien Tuban, dan (2) Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam membentuk karakter siswa di MI Plus Daarul Munjiyat Bektiharjo dan SD Alam El- Yamien Tuban.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan temuan dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan, triangulasi, dan pengecekkan teman sejawat.
Hasil penelitian ini dalam konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis alam dalam membentuk karakter menjadikan pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan. Karena konsep pembelajarannya bermain sambal belajar dengan mengintegrasikan empat konsep yaitu akhlak, sains, leadership, dan bisnis. Sedangkan dalam implementasinya pembelajaran berbasis alam menggunakan model pembelajaran yang lebih banyak memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Berbasis Alam, Membentuk Karakter Siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ariska |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 02:56 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 02:08 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana NIDN731127600 Thesis advisor Burhanuddin, Hamam NIDN2109028600 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3878 |