Natiah, Maratun (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Garis Dan Sudut. Sarjana (S1) thesis, Universitass Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (537kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I..pdf
Restricted to Registered users only
Download (528kB) | Request a copy
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only
Download (808kB) | Request a copy
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V..pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB) | Request a copy
Daftar Pustaka..pdf
Restricted to Registered users only
Download (413kB) | Request a copy
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMP Plus Al – Fatimah Bojonegoro mendapatkan informasi bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah masih menggunakan buku paket. Sekolah tersebut belum pernah menggunakan modul dalam pembelajaran matematika lebih fokus kebukupaket. Pihak sekolah juga sudah berencara membuat modul pembelajaran matematika untuk pendamping pembelajaran untuk belajar siswa. Karena keterbaasannya waktu pembuatan modul ini belum terlaksana sampai sekarang. Maka dari itu peneliti berniat untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis kooperatif pada materi garis dan sudut. Peneliti menggunakan model penelitan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu: 1) analisis: terdiri dari tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis materi, 2) desain adalah tahap perencanaan membuat modul mulai dari desain modul sampai pemilihan materi yang digunakan, 3) development: pada tahap ini yang dilakukan adalah validasi modul yang telah dikembangkan terdiri dadi uji validasi media dan uji validasi materi , 4) implementasi: tahap uji coba produk yang terdiri dadi 2 uji coba yaitu uji coba kecil dan uji coba besar yang diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik pada modul pembelajaran matematika yang dikembangkan, dan 5) evaluasi adalah tahap penilaian. Hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis kooperatif pada materi garis dan sudut untuk uji validasi media sebesar 88% termasuk dalam kriteria sangat valid, sedangkan hasil penelitian untuk uji validitas materi sebesar 76% termasuk dalam kriteria valid. Hasil uji praktikalisasi dengan 2 tahap yauti uji kelompok kecil dan kelompok besar menghasilkan sebagai berikut: untuk hasil rata – rata uji coba kecil memenuhi kriteria praktis dengan presentase 76%. Sedangkan hasil rata – rata uji coba besar memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase 82,2%. Dari hasil tersebut modul tersebut masuk dalam kategori sangat paktis digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran Metematika, Kooperatif, Tipe Jigsaw, Garis Dan Sudut |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Maratun Natiah |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 08:47 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 08:47 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KURNIAWATI, NANING NIDN0718098503 Thesis advisor ISMANTO, ISMANTO NIDN0709108004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3865 |