PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAAN “POM POM ACTIVITY” TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN TANWIRUL QULUB KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

EFIDAH, LILIK RUSDIANA (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAAN “POM POM ACTIVITY” TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN TANWIRUL QULUB KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media pom pom activity dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran. Aspek perkembangan yang dapat dikembangkan melalui pom pom activity yaitu aspek perkembangan kognitif anak. Dalam penelitian ini peneliti lebih fokus pada aspek perkembangan kognitif karena pom pom activity dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menstimulus perkembangan kognitif anak yang mencakup pengenalan warna, ukuran, dan bentuk benda. Tenaga pendidik KB Tanwirul Qulub masih belum memperkenalkan warna dengan kreatif sehingga dalam pembelajaran sehari-hari sering dijumpai penggunaan BKA (Buku Kreatifitas Anak), padahal ada barang untuk membuat hiasan bros dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran sehari-hari yang dapat dieksplor oleh pendidik, peserta didik maupun orang tua, sehingga kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan. Menurut peneliti media pom pom activity bisa membantu mengatasi rendahnya perkembangan kognitif pada anak usia dini 3-4 tahun di KB Tanwirul Qulub Kepohbaru, Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain pom pom activity terhadap perkembangan kognitif pada anak usia 3-4 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Pre- eksperimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di KB Tanwirul Qulub Kepohbaru, Bojonegoro. Waktu dalam penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 - 21 Desember 2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 anak yang ada pada KB Tanwirul Qulub Kepohbaru Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen, Metode yang digunakan adalah metode pre- Eksperimental Design,yang berbentuk One Grup Pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakanan analisis uji non parametric dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pom Pom activity berpengaruh terhadap kemampuan mengenal warna anak usia 3-4 tahun. Sebelum diberi aktivitas bermain media pom pom ativity dan sesudah diberi aktivitas bermain media pom pom ativity

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: kognitif, media pom pom ativity
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 10 Jan 2022 10:34
Last Modified: 10 Jan 2022 10:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FITHRIYANA, ESHTHIH
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item
View Item