SA'IDI (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP KOMPETENSI ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH 05 AL FAJAR KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (49kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (450kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (747kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (460kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (488kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (371kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (319kB)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan yang ingin penulis dapatkan dalam penelitian ini, yaitu: (1.Untuk mengetahui dan menganalisis implementasi prinsip-prinsip kompetensi abad 21 terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa MTs Muhammadiyah 05 Al Fajar. (2. Untuk mengetahui dan menganalisis hambatan implementasi prinsip-prinsip kompetensi abad 21 pada pembelajaran pendidikan agama Islam Siswa MTs Muhammadiyah 05 Al Fajar. (3. Untuk mengetahui dan menganalisis upaya mengatasi hambatan implementasi prinsip-prinsip kompetensi abad 21 pada pembelajaran pendidikan agama Islam Siswa MTs Muhammadiyah 05 Al Fajar.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antarfenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah.
Implementasi prinsip-prinsip kompetensi abad 21 pada siswa MTs Muhammadiyah 05 Al Fajar pada awalnya mengalami kesulitan. Namun, setelah diberikan tindakan oleh guru yang berupa bimbingan dan arahan, maka prinsip-prinsip kompetensi abad 21 dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Hambatan dalam melaksanakan prinsip-prinsip kompetensi abad 21 pada awalnya, siswa dan guru sama-sama kesulitan dalam menerapkannya karena prinsip-prinsip kompetensi abad 21 kurang dipahami. Namun setelah membaca referensi dan dilakukan bimbingan secara komprehensif akhirnya pada pertemuan selanjutnya pelaksanaan prinsip-prinsip kompetensi abad 21 dapat dilakukan secara baik dan lancar. Untuk mengatasi hambatan dalam melaksanakan prinsip-prinsip kompetensi abad 21 di MTs Muhammadiyah 05 Al Fajar, antara lain: memotivasi siswa supaya terlibat aktif dalam proses pembelajaran, memberikan bimbingan pendekatan secara pribadi, dan memberikan penjelasan tentang pentingnya soal HOTS.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prinsip-prinsip kompetensi abad 21 pada pembelajaran pendidikan agama Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sa'idi |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 06:38 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 06:38 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor AUFA, ARI ABI NIDN2107057802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3851 |