IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP KOMPETENSI ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH 05 AL FAJAR KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO

SA'IDI (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP KOMPETENSI ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH 05 AL FAJAR KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan yang ingin penulis dapatkan dalam penelitian ini, yaitu: (1.Untuk mengetahui dan menganalisis implementasi prinsip-prinsip kompetensi abad 21 terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa MTs Muhammadiyah 05 Al Fajar. (2. Untuk mengetahui dan menganalisis hambatan implementasi prinsip-prinsip kompetensi abad 21 pada pembelajaran pendidikan agama Islam Siswa MTs Muhammadiyah 05 Al Fajar. (3. Untuk mengetahui dan menganalisis upaya mengatasi hambatan implementasi prinsip-prinsip kompetensi abad 21 pada pembelajaran pendidikan agama Islam Siswa MTs Muhammadiyah 05 Al Fajar.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antarfenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah.
Implementasi prinsip-prinsip kompetensi abad 21 pada siswa MTs Muhammadiyah 05 Al Fajar pada awalnya mengalami kesulitan. Namun, setelah diberikan tindakan oleh guru yang berupa bimbingan dan arahan, maka prinsip-prinsip kompetensi abad 21 dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Hambatan dalam melaksanakan prinsip-prinsip kompetensi abad 21 pada awalnya, siswa dan guru sama-sama kesulitan dalam menerapkannya karena prinsip-prinsip kompetensi abad 21 kurang dipahami. Namun setelah membaca referensi dan dilakukan bimbingan secara komprehensif akhirnya pada pertemuan selanjutnya pelaksanaan prinsip-prinsip kompetensi abad 21 dapat dilakukan secara baik dan lancar. Untuk mengatasi hambatan dalam melaksanakan prinsip-prinsip kompetensi abad 21 di MTs Muhammadiyah 05 Al Fajar, antara lain: memotivasi siswa supaya terlibat aktif dalam proses pembelajaran, memberikan bimbingan pendekatan secara pribadi, dan memberikan penjelasan tentang pentingnya soal HOTS.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Prinsip-prinsip kompetensi abad 21 pada pembelajaran pendidikan agama Islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sa'idi
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:38
Last Modified: 12 Sep 2023 06:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3851

Actions (login required)

View Item
View Item