ANALISIS KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI RA ROUDLOTUL JANNAH BUMIREJO KEPOHBARU

ITKIYAH, LAILATUL (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI RA ROUDLOTUL JANNAH BUMIREJO KEPOHBARU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berbahasa pada anak adalah kemampuan untuk mengekspresikan apa yang dialami dan dipikirkan oleh anak. Pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang yang memberikan kesempatan anak untuk bereksplorasi secara luas. Media kartu bergambar adalah kartu kecil yang berisi gambar,teks atau siimboluntuk mengarahkan anak kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menjawab fokus penelitian yang muncul yaitu: 1). Untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun dengan kemampuan tinggi melalui pembelajaran saintifik menggunakan media kartu bergambar di RA Roudlotul Jannah Bumirejo Kepohbaru. 2). Untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun dengan kemampuan sedang melalui pembelajaran saintifik menggunakan media kartu bergambar di RA Roudlotul Jannah Bumirejo Kepohbaru. 3). Untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun dengan kemampuan rendah melalui pembelajaran saintifik menggunakan media kartu bergambar di RA Roudlotul Jannah Bumirejo Kepohbaru.
Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. “Penelitian kualitatif dapat dikatakan sebagai metode yang penelitiannya mencari fakta, gejala dan realita secara mendalam”. Metode ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di dapatkan hasil sebagai berikut: 1). Kemampuan berbahasa anak dengan berkemampuan tinggi memiliki tingkat kemampuan berbahasa yang berbeda. Anak mampu memenuhi semua indikator berbahasa yaitu anak dapat memahami bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaraan dengan baik. 2). Kemampuan berbahasa anak dengan berkemampuan sedang memiliki tingkat kemampuan berbahasa yang berbeda. Anak mampu memenuhi indikator berbahasa yaitu anak dapat memahami bahasa dan mengungkapkan bahasa dengan baik namun anak tidak memenuhi indikator keaksaraan. 3). Kemampuan berbahasa anak dengan berkemampuan rendah memiliki tingkat kemampuan berbahasa yang berbeda. Anak hanya memenuhi indikator berbahasa yaitu anak dapat memahami bahasa dengan baik. Namun anak tidak memenuhi indikator mengungkapkan bahasa dan melaksanakan keaksaraan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahasa, Pembelajaran Saintifik, Kartu Bergambar.
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 649 Pengasuhan anak; perawatan di rumah bagi para penyandang cacat dan penyakit > 649.7 Moral and Character Training/Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Lailatul Itkiyah
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:19
Last Modified: 12 Sep 2023 06:19
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ULFA, ULFA
NIDN2121067401
Thesis advisor
AMRETA, MIDYA YULI
NIDN2130079101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3845

Actions (login required)

View Item
View Item