ITKIYAH, LAILATUL (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI RA ROUDLOTUL JANNAH BUMIREJO KEPOHBARU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (173kB)
AWALAN.pdf
Download (490kB)
BAB 1.pdf
Download (331kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (170kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (242kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (429kB) | Request a copy
Abstract
Kemampuan berbahasa pada anak adalah kemampuan untuk mengekspresikan apa yang dialami dan dipikirkan oleh anak. Pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang yang memberikan kesempatan anak untuk bereksplorasi secara luas. Media kartu bergambar adalah kartu kecil yang berisi gambar,teks atau siimboluntuk mengarahkan anak kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menjawab fokus penelitian yang muncul yaitu: 1). Untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun dengan kemampuan tinggi melalui pembelajaran saintifik menggunakan media kartu bergambar di RA Roudlotul Jannah Bumirejo Kepohbaru. 2). Untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun dengan kemampuan sedang melalui pembelajaran saintifik menggunakan media kartu bergambar di RA Roudlotul Jannah Bumirejo Kepohbaru. 3). Untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun dengan kemampuan rendah melalui pembelajaran saintifik menggunakan media kartu bergambar di RA Roudlotul Jannah Bumirejo Kepohbaru.
Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. “Penelitian kualitatif dapat dikatakan sebagai metode yang penelitiannya mencari fakta, gejala dan realita secara mendalam”. Metode ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di dapatkan hasil sebagai berikut: 1). Kemampuan berbahasa anak dengan berkemampuan tinggi memiliki tingkat kemampuan berbahasa yang berbeda. Anak mampu memenuhi semua indikator berbahasa yaitu anak dapat memahami bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaraan dengan baik. 2). Kemampuan berbahasa anak dengan berkemampuan sedang memiliki tingkat kemampuan berbahasa yang berbeda. Anak mampu memenuhi indikator berbahasa yaitu anak dapat memahami bahasa dan mengungkapkan bahasa dengan baik namun anak tidak memenuhi indikator keaksaraan. 3). Kemampuan berbahasa anak dengan berkemampuan rendah memiliki tingkat kemampuan berbahasa yang berbeda. Anak hanya memenuhi indikator berbahasa yaitu anak dapat memahami bahasa dengan baik. Namun anak tidak memenuhi indikator mengungkapkan bahasa dan melaksanakan keaksaraan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa, Pembelajaran Saintifik, Kartu Bergambar. |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 649 Pengasuhan anak; perawatan di rumah bagi para penyandang cacat dan penyakit > 649.7 Moral and Character Training/Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Lailatul Itkiyah |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 06:19 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 06:19 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ULFA, ULFA NIDN2121067401 Thesis advisor AMRETA, MIDYA YULI NIDN2130079101 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3845 |