PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII

Mahfundotin, Afifah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep materi dalam proses pembelajaran. Melalui media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dalam memahami materi serta menumbuhkan semangat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Pop Up Book serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran Pop Up Book bangun ruang sisi datar kelas VIII. Penelitian pengembangan ini melibatkan kelas VIII MTs SA Miftahul Hikmah tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 22 siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dan adapun teknik analisis yang digunakan adalah validasi ahli media, validasi ahli materi, dan praktikalitas oleh siswa. Dan berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop Up Book yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan presentase 95% dari ahli media dan mendapatkan 83% dari ahli materi. Dan hasil praktikalitas siswa pada kelompok kecil mendapatkan presentase 92,3% dan pada skala besar mendapatkan presentase 80,8% dengan kriteria praktis. Dengan demikian media pembelajaran Pop Up Book yang telah dikembangkan termasuk dalam kriteria valid dan praktis dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Pop Up Book, Bangun Ruang sisi datar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Afifah Mahfundotin
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:20
Last Modified: 12 Sep 2023 03:20
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fitri, Anisa
NIDN0719049220
Thesis advisor
Cindarbumi, Festian
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3830

Actions (login required)

View Item
View Item