ROHMAH, MIFTAHUR (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdhatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (50kB)
AWALAN.pdf
Download (590kB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (865kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Siswa SMP pada umumnya berada pada masa remaja, pada masa ini sebagian besar siswa SMP nilai matematika masih rendah. Permasalahan ini salah satunya juga dialami oleh siswa kelas VIII SMPN 4 Bojonegoro bahwa masih kesulitan memahami pada materi peluang. Kesulitan memahami siswa ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran pada modul yang kurang tepat. Sehingga perlu pengembangan modul matematika materi peluang yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu diketahui bahwa pengembangan modul dengan model pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi peluang kelas VIII SMP sangat valid dan layak diterapkan. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara dilapangan diketahui bahwa model pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi peluang kelas VIII di SMPN 4 Bojonegoro belum pernah diterapkan. Sehingga perlunya pengembangan modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi peluang kelas VIII SMP. Pengembangan modul pembelajaran matematika tersebut menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&d (research and development). Penelitian ini dilakukan Untuk mengetahui validitas dan kelayakan pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi peluang di kelas VIII SMP. Modul pembelajaran yang dikembangkan tersebut mendapat persentase validitas dan kelayakan. Hasil persentase 74% pada skala kecil dan mendapat persentase 87% pada skala besar dengan keterangan tidak ada revisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) ini sangat valid dan layak diterapkan pada materi peluang kelas VIII SMP.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Problem Based Learning dan Materi Peluang |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 519 Probabilitas dan matematika terapan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miftahur Rohmah |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 02:45 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 02:45 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Kurniawati, Naning NIDN0718098503 Thesis advisor Cindarbumi, Festian NIDN0709068903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3794 |